Sukses Uji Coba Sandar Dermaga IV Gilimanuk oleh ASDP Indonesia Ferry

Dermaga IV Gilimanuk siap layani penumpang saat Nataru 2023/2024.
Dermaga IV Gilimanuk siap layani penumpang saat Nataru 2023/2024.

Jakarta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah sukses melakukan uji coba sandar Dermaga IV Gilimanuk pada Minggu, 10 Desember 2023. Uji coba tersebut merupakan bagian dari persiapan meningkatkan kapasitas dermaga menjelang angkutan Natal dan Tahun Baru (nataru) 2023-2024.

Shelvy Arifin, Corporate Secretary ASDP, menyampaikan bahwa persiapan telah dilakukan oleh operator pelabuhan penyeberangan untuk menghadapi layanan angkutan Nataru 2023-2024. Salah satu langkahnya adalah melaksanakan uji coba sandar Dermaga IV Gilimanuk.

“Persiapan ini terutama berfokus pada prasarana layanan penyeberangan di rute Ketapang-Gilimanuk yang diprediksi akan ramai menjelang libur akhir tahun, karena masyarakat berencana berwisata menyeberang ke Bali,” kata Shelvy.

Baca Juga  5 Mal Mewah di Indonesia Dijual karena Sepi Pengunjung

Peningkatan ini bertujuan memungkinkan kapal-kapal besar untuk dapat sandar, sehingga mampu melayani kapal dengan kapasitas hingga 4000 GRT. ASDP juga telah mempersiapkan pengoperasian kapal berukuran besar di lintas Ketapang-Gilimanuk untuk mengatasi kepadatan.

Perubahan kapasitas dermaga dari tipe ponton menjadi Dermaga Moveable Bridge dimulai dengan pengerjaan pada acara groundbreaking proyek peningkatan Dermaga Ponton Gilimanuk. “Pekerjaan ini dilakukan secara bertahap sebagai upaya peningkatan infrastruktur layanan Pelabuhan Gilimanuk bekerjasama dengan pemerintah Jembrana,” ujar Shelvy melalui keterangan pers, Selasa (12/12/2023).

Dermaga Ponton Pelabuhan Gilimanuk yang semula mampu melayani kapal hingga 1.000 GRT, telah berubah menjadi Dermaga MB dengan kapasitas 4.000 GRT. Panjang dermaga diperpanjang dari 24 meter menjadi 75 meter, dan trestle dari 25 meter menjadi 85 meter dengan fasilitas termasuk 3 unit Mooring Dolphin dan 5 unit Breasting Dolphin.

Baca Juga  Perbandingan Gaji Buruh Pabrik, Realitas Upah di Indonesia dan Jepang

Uji coba sandar Dermaga IV ini melibatkan KMP Jatra II dengan kapasitas muat sekitar 400 kendaraan campuran. Keberhasilan uji coba ini memberikan harapan baru untuk peningkatan fasilitas pelabuhan, diharapkan dapat mendukung pariwisata daerah, memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dan stakeholder terkait, khususnya pada periode angkutan nataru 2023-2024.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *