Agung Wicaksono: Fasilitas Ibu Kota Nusantara Terbuka untuk Seluruh Masyarakat

Faslitas IKN Nusantara Tak Hanya untuk ASN.
Faslitas IKN Nusantara Tak Hanya untuk ASN

Jakarta Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan bahwa fasilitas yang ada di Ibu Kota Nusantara tidak hanya ditujukan untuk aparatur sipil negara (ASN) yang tinggal di sana.

“Ada kesalahpahaman. Mungkin terkesan bahwa fasilitas di Ibu Kota Nusantara hanya untuk ASN, padahal tidak,” ungkap Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, saat diwawancara dalam Workshop on International Financial Center di Ibu Kota Nusantara yang dikutip oleh Antara, Senin (11/12/2023).

Agung menjelaskan bahwa berbagai fasilitas di Ibu Kota Nusantara akan tersedia untuk digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Jelas, Ibu Kota Nusantara ini akan dihuni dan ditempati oleh berbagai kalangan masyarakat, bekerja di rumah sakit, hotel, pusat perbelanjaan, dan kami akan menyediakan fasilitas untuk itu,” kata Agung.

Baca Juga  Menjaga Kedaulatan, Harapan BRIN Agar Capres Pilpres 2024 Tingkatkan Keamanan Wilayah

Contohnya adalah sektor pelayanan kesehatan. Sesuai arahan Menteri Kesehatan, rumah sakit di Ibu Kota Nusantara dibangun dengan standar kualitas dan kuantitas yang melebihi rata-rata.

Dari segi kuantitas, Agung menjelaskan bahwa rasio antara jumlah penduduk dan tempat tidur di rumah sakit di Indonesia adalah 1:1,8. Namun, di Ibu Kota Nusantara, targetnya adalah 1:3, sehingga akan tersedia tiga kali lipat tempat tidur dibandingkan rumah sakit di wilayah lain.

Sementara itu, dari segi kualitas, Agung menegaskan bahwa rumah sakit di Ibu Kota Nusantara harus memiliki standar kualitas yang lebih tinggi dan pelayanan yang lebih lengkap.

Tidak hanya melayani warga Ibu Kota Nusantara, rumah sakit di sana juga diharapkan dapat melayani warga dari kota-kota sekitarnya seperti Balikpapan dan Samarinda, terutama dengan hadirnya jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara yang dijadwalkan selesai tahun depan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *