INA Kelola Aset Jalan Tol BUMN, Erick Thohir Tegaskan Keuntungan bagi Indonesia

Fakta Tol Trans Sumatera dan Jawa Bakal Dijual.
Fakta Tol Trans Sumatera dan Jawa Bakal Dijual.

Jakarta Proses divestasi kepemilikan saham perusahaan milik negara di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera dan Trans Jawa terus berlanjut. Keputusan divestasi diambil karena posisi strategis tol tersebut, yang diharapkan dapat memperkuat konektivitas masyarakat dan logistik di Sumatera.

Berikut merangkum empat fakta terkait divestasi tol Trans Sumatera dan Jawa yang akan dijual, menurut penjelasan Menteri BUMN Erick Thohir pada Minggu (10/12/2023):

Respons Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan bahwa aset jalan tol milik BUMN yang sudah baik akan dikelola oleh Indonesia Investment Authority (INA).

Divestasi Perkuat Kapasitas Aset

Erick Thohir mengatakan bahwa skema divestasi jalan tol kepada Sovereign Wealth Fund Indonesia dapat memperkuat struktur permodalan BUMN. Dengan demikian, perusahaan dapat terus memperkuat kapasitas asetnya.

Baca Juga  PT Freeport Indonesia: Harapan Perpanjangan Kontrak Tambang untuk Masa Depan yang Berkelanjutan

Divestasi Tol Medan – Binjai

PT Hutama Karya (Persero) secara resmi melakukan divestasi ruas tol Medan – Binjai (Mebi) kepada Indonesia Investment Authority (INA). Tol Medan – Binjai yang melintasi kota Medan diharapkan dapat lebih menghubungkan berbagai daerah di wilayah tersebut. Investasi INA pada aset yang berlokasi strategis ini diharapkan dapat mendorong kesejahteraan Indonesia di masa depan.

Divestasi Tol Bakauheni – Terbanggi Besar

PT Hutama Karya (Persero) juga melakukan divestasi pada ruas jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter). Tol Bakauheni – Terbanggi Besar di Lampung memiliki peran penting sebagai gerbang penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *