5 Tol Gratis di Sumatera Selama Libur Natal-Tahun Baru 2024: Simak Daftarnya

Fakta 5 Tol Gratis saat Natal dan Tahun Baru 2024.
Fakta 5 Tol Gratis saat Natal dan Tahun Baru 2024

Jakarta – Ada 5 ruas tol di Pulau Sumatera yang siap dioperasikan tanpa tarif alias gratis selama musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selain itu, beberapa kebijakan akan diterapkan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk mengatasi lalu lintas.

Berikut adalah fakta-fakta tentang 5 tol gratis selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 yang disajikan, Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Daftar Ruas Tol Gratis Tanpa Tarif

Kelima ruas yang masih bebas tarif atau gratis adalah Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 Km, Tol Binjai-Langsa (Stabat – Kuala Bingai) sepanjang 8 Km, Tol Indrapura – Lima Puluh sepanjang 15 Km.

Selain itu, ruas tol Sigli -Banda Aceh (Blang Bintang – Baitussalam) sepanjang 12,7 Km dan Tol Indrapura – Tebing Tinggi sepanjang 26,23 Km yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) juga akan dioperasikan tanpa tarif.

Penjelasan PT Hutama Karya

Executive Vice President (EVP) Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menyatakan optimisme bahwa peningkatan penggunaan jalan tol akan diikuti dengan pelayanan yang baik, memberikan pengguna jalan tol pengalaman yang aman dan nyaman selama musim libur Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga  PT Reska Multi Usaha membuka peluang pekerjaan bagi mereka yang tengah mencari pekerjaan dan ingin mengembangkan karir.

Tol yang Beroperasi di Jalan Tol Trans Sumatera

Sebagai tambahan informasi, jalan tol yang saat ini dioperasikan oleh Hutama Karya terdiri dari 9 ruas JTTS (Jalan Tol Trans Sumatera) dengan tarif. Ini termasuk Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung (189 Km), Tol Palembang – Indralaya (21,93 Km), Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17,8 Km), Tol Pekanbaru – Dumai (131 Km).

Ada juga ruas Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 Km), Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) (11 Km), dan Tol Sigli – Banda Aceh (Seulimeum – Blang Bintang) (35,85 Km), serta 2 ruas tol di Pulau Jawa, yaitu Tol JORR-S (14,25 Km) dan Akses Tanjung Priok (11,4 Km).

Strategi Tekan Kepadatan

Hutama Karya telah menyiapkan strategi anti-macet menyambut musim libur Nataru 2024, termasuk menyediakan 64 unit alat mobile reader dan top-up asongan untuk mempercepat transaksi, penerapan sistem holding di rest area di Tol Terpeka dan Permai.

Baca Juga  Budi Arie; Hanya Telegram yang Tak Bekerja Sama dalam Pemberantasan Judi Online

Jika kepadatan semakin meningkat, Hutama Karya menyiagakan 2.576 personel dan 289 unit armada siaga, serta mengoptimalkan 9 rest area permanen di Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dengan kapasitas daya tampung 1.352 kendaraan, 6 rest area sementara di Tol Pekanbaru – Dumai, dan 2 di Tol Indralaya – Prabumulih dengan kapasitas daya tampung masing-masing 345 kendaraan.

Rest Area

Disediakan 8 rest area fungsional, termasuk 2 di Tol Palembang – Indralaya dengan kapasitas 60 kendaraan, 2 di Tol Pekanbaru – Bangkinang dengan daya tampung 226 kendaraan, 2 di Tol Indrapura – Kisaran dengan kapasitas 390 kendaraan.
Keamanan dan Keselamatan

Dari segi keamanan dan keselamatan, jalan tol dilengkapi dengan 982 unit CCTV dengan dua arah mata kamera yang dipantau 24 jam oleh petugas dan terintegrasi dengan teknologi Intelligent Traffic System.

Hutama Karya juga berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder setempat, termasuk Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, BNPB, Pemprov/Pemda, hingga pihak-pihak terkait lainnya agar penyelenggaraan mudik Nataru berjalan dengan lancar.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *