Kontroversi Air Mancur di Wina: Seni atau Kegagalan

Air Mancur Kota Wina.
Air Mancur Kota Wina.

Jakarta – Sebuah air mancur yang terletak di Kota Wina, Austria, sedang menjadi perbincangan karena dijuluki sebagai air mancur paling kontroversial di Eropa.

Dilansir dari OddityCentral, kelompok seni bernama Avantgarde menciptakan air mancur ini dengan tema ‘We Water’ atau ‘WirWasser,’ yang melambangkan tanggung jawab bersama terhadap air.

Salah satu tujuannya adalah untuk memperingati 150 tahun sistem air modern di Wina, yang menyediakan air segar bagi kota tersebut dari aliran sungai di hutan hijau Pegunungan Alpen dan membantu mengatasi wabah penyakit.

Baca Juga  Proses Rekrutmen BUMN 2024, Syarat, Alur Pendaftaran, dan Tahapan Tes

Meskipun mendapat pujian dari para pejabat karena desain air mancur yang dianggap luar biasa dan terinspirasi dari realitas dengan menyampaikan ‘rasa kebersamaan,’ respons dari warga internet justru berbeda.

Banyak yang menyebut air mancur ini sebagai yang paling jelek yang pernah ada, bahkan menyatakan bahwa karya ini merusak citra Kota Wina yang terkenal dengan keindahan seninya.

Menurut akun Culture Critic di X, postingan yang mengkritik desain air mancur dan biaya besar yang ditanggung oleh pembayar pajak telah dilihat lebih dari 7,6 juta kali.

Baca Juga  Tiongkok Ancam Sektor Transportasi Eropa Melalui Kendaraan Listrik dan Ancaman Siber

“Bentuk air mancur baru ini terlihat seperti hasil karya anak berusia 5 tahun,” komentar dari salah satu akun.

“Ini merupakan hari yang menyedihkan bagi Wina. Banyak seniman sejati yang bisa melakukan lebih baik dengan biaya yang lebih rendah. Di mana romansa, warisan, semangat, dan sejarahnya?” tambah komentar lainnya.

Beberapa netizen juga mempertanyakan apakah desain tersebut memang sebanding dengan penghargaan kelas seni tertinggi.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *