Nusantara Agrofest: Transformasi Pertanian Ramah Lingkungan di Ibu Kota Nusantara

Tantangan Petani Penuhi Kebutuhan Pangan di IKN.
Tantangan Petani Penuhi Kebutuhan Pangan di IKN.

JakartaOtorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menegaskan komitmen untuk menjaga keberlanjutan sektor pertanian di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Melalui Nusantara Agrofest, para petani dihadapkan pada tantangan untuk memenuhi kebutuhan pangan di ibu kota baru tersebut.

“Solusinya kami hadirkan dalam Nusantara Agrofest ini,” ujar Kepala Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Asnawati Safitri, seperti dilansir dari Antara, Minggu (26/11/2023).

Nusantara Agrofest menjadi wadah silaturahmi dan berbagi pengalaman antara para petani di IKN.

Kegiatan Nusantara Agrofest berlangsung pada 25-26 November 2023 di Gelora Pemuda Samboja Barat. Acara tersebut menampilkan berbagai teknologi, alat dan mesin pertanian, benih dan bibit unggul, pupuk, hasil-hasil pertanian, produk olahan, hingga akses perbankan untuk mendukung usaha pertanian.

Baca Juga  Pemerintah Siapkan Langkah Besar, 25 Instansi Dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara

Petani di IKN menerapkan pertanian intensif dengan pendekatan ramah lingkungan, ditandai dengan penggunaan pupuk organik dan pupuk kimia yang terukur.

Pada kesempatan tersebut, Pelaksana tugas Direktur Ketahanan Pangan OIKN P Setia Lenggono mengilustrasikan model pertanian intensif, seperti bercocok tanam dalam greenhouse dengan sistem pengairan tetesan (drip system). Metode ini tidak hanya efisien dalam penggunaan air dan pupuk, tetapi juga meminimalkan risiko hama tanaman.

Lenggono menjelaskan bahwa petani di IKN dapat mempelajari teknik bercocok tanam dalam greenhouse di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Tani Nusantara di Samboja. Tempat ini menjadi pusat pembelajaran bagi kelompok-kelompok tani seperti Kelompok Tani Mekar Sari, Kelompok Tani Karya Maju, Kelompok Tani Sri Rejeki, Kelompok Tani Tunas Makmur, Kelompok Tani Kreatif Mandiri, dan Kelompok Tani Nila Sari.

Baca Juga  Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ajak Yunani Berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Nusantara Agrofest bukan hanya sebagai forum pembelajaran, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memperluas jaringan antara produsen dan konsumen serta jaringan distribusi.

“Kita perlu bersinergi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama,” tambah Myrna.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *