Abu Dhabi Port Menaruh Minat Kelola Terminal Peti Kemas Pelabuhan Patimban

Menhub Bertemu CEO Abu Dhabi Port Saif Al Mazrouei.
Menhub Bertemu CEO Abu Dhabi Port Saif Al Mazrouei.

Jakarta – Pelabuhan Patimban semakin menarik perhatian internasional, khususnya dari Abu Dhabi Port yang menyatakan minat untuk mengelola Terminal Peti Kemas di pelabuhan tersebut. Nantinya, pengelolaan akan dilakukan bersama-sama dengan operator Pelabuhan Indonesia (PPI).

Pernyataan minat ini muncul dalam pertemuan antara Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan CEO Abu Dhabi Port, Saif Al Mazrouei, saat Menhub melakukan kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu, 25 November 2023.

Menhub mengungkapkan bahwa PPI telah menerima proposal penawaran kerjasama dari Abu Dhabi Port. “Beberapa hal masih dinegosiasikan. Semoga dapat memberikan penawaran terbaik yang saling menguntungkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, seperti dilansir pada Minggu (26/11/2023).

Baca Juga  Menteri PUPR, Bandara VVIP IKN Siap Terima Pesawat Komersial

Dalam pertemuan tersebut, Menhub juga menyampaikan kepada pihak Abu Dhabi Port bahwa Pelabuhan Patimban memiliki posisi strategis sebagai pelabuhan rantai pasok pertama di Indonesia, terintegrasi dengan kawasan industri sekitar pelabuhan (hinterland).

“Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk membuat keberadaan Pelabuhan Patimban dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan meningkatkan daya saing bangsa,” tuturnya.

Menhub menjelaskan bahwa pemerintah tengah mempercepat penyelesaian pengembangan Pelabuhan Patimban. Pembangunan fase 1, yang mencakup terminal kendaraan berkapasitas 218.000 CBU (Completely Built Up) dan terminal peti kemas berkapasitas 250.000 TEUs (Twenty-Foot Equivalent Units), telah berhasil rampung.

Baca Juga  Keterbatasan Trainset LRT Jabodebek Menyebabkan Pembatalan Perjalanan

Saat ini, tengah berlangsung konstruksi fase 2 yang akan meningkatkan kapasitas terminal kendaraan menjadi 600.000 CBU dan terminal peti kemas mencapai 3,75 juta TEUs. Dengan semakin berkembangnya Pelabuhan Patimban, kerjasama dengan Abu Dhabi Port diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan daya saing dan pelayanan di sektor logistik dan transportasi Indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *