Kementerian PUPR Rampungkan Seluruh Ruas Tol Cinere-Jagorawi, Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian Jabodetabek

Jalan Tol Cinere dan Jagorawi.
Jalan Tol Cinere dan Jagorawi

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Translingkar Kita Jaya berhasil menyelesaikan pembangunan seluruh ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km, yang merupakan bagian integral dari Jaringan Tol Lingkar Dalam dan Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR) 2.

Dilansir dari akun Instagram resmi @kemenpupr, konstruksi Jalan Tol Cijago Seksi 3B Junction Krukut-Limo telah sukses diselesaikan, dan jalan tol ini telah lulus Uji Laik Fungsi beberapa waktu lalu. Beberapa fakta menarik terkait penyelesaian proyek ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Terdiri dari 3 Seksi

Ruas Tol Cinere-Jagorawi terbagi menjadi tiga seksi. Seksi pertama, Jagorawi-Raya Bogor sepanjang 3,7 km, telah beroperasi sejak 2012. Seksi kedua, Raya Bogor-Kukusan dengan panjang 5,5 km, beroperasi sejak November 2019. Seksi 3A, Kukusan-Junction Krukut sepanjang 3,5 km, beroperasi sejak akhir 2022. Terakhir, Junction Krukut-Limo sepanjang 2,19 km sudah lulus uji laik fungsi dan siap dioperasikan.

Baca Juga  Bantuan Rehabilitasi Fasilitas Umum Dijanjikan oleh Kementerian PUPR untuk Kabupaten Agam

2. Melengkapi Struktur Jaringan Jalan di Jabodetabek

Dengan penyelesaian konstruksi Tol Cijago Seksi 3B, seluruh ruas Tol Cijago telah tersambung. Ini melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang sudah memiliki Jalan Tol Lingkar Dalam Kota, Lingkar Luar Kota (JORR 1), dan Lingkar Luar Kota 2 (JORR 2).

3. Memotong Waktu Tempuh

Jalan Tol Cijago diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh dan kepadatan lalu lintas, terutama dari Depok menuju Bandara Soekarno-Hatta tanpa melalui Tol Dalam Kota Jakarta atau menuju Bogor karena langsung terhubung dengan Tol Jagorawi.

4. Terhubung dengan Sejumlah Ruas Jalan Tol Lainnya

Di sisi timur, Jalan Tol Cijago terhubung dengan Jalan Tol Jagorawi (melalui Junction Cimanggis) dan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung. Sementara di sisi barat, Jalan Tol Cijago terhubung dengan Jalan Tol Depok-Antasari (melalui Junction Krukut), Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran-Cengkareng.

Baca Juga  Dampak Keputusan Kementerian PUPR, Tarif Baru Tol Surabaya-Gresik di Tengah Iklim Investasi Bisnis

5. Meningkatkan Konektivitas dan Perekonomian Jabodetabek

Dengan akses jalan yang semakin baik, termasuk melalui Jalan Tol Cijago, diharapkan konektivitas antar wilayah dan pertumbuhan perekonomian di kawasan Jabodetabek dapat meningkat secara signifikan.

Penyelesaian proyek ini menjadi tonggak penting dalam upaya pemerintah untuk terus meningkatkan infrastruktur dan konektivitas di Indonesia, yang diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian nasional.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *