Ternyata, Warna Tutup Botol Air Minum Punya Makna!

Perbedaan warna tutup botol.
Perbedaan warna tutup botol.

Jakarta – Sebuah penelitian menarik mengungkap bahwa warna tutup botol air minum kemasan memiliki makna dan fungsi yang berbeda-beda. Di tengah beragamnya minuman kemasan yang memenuhi pasar dengan tutup berwarna-warni, konsumen kini dapat memahami lebih dalam tentang jenis dan sifat air yang mereka konsumsi hanya dengan melihat warna tutup botol.

Tidak ada standar universal yang berlaku untuk warna tutup botol plastik air mineral di semua merek atau negara. Namun, praktik umum di beberapa negara menunjukkan bahwa warna tutup botol plastik dapat memberikan informasi tambahan tentang karakteristik air yang terkandung di dalamnya.

  1. Warna Biru: Teknologi Tertentu dan Keamanan

Tutup botol berwarna biru biasanya menandakan bahwa air minum mineral telah melalui proses pengolahan dengan teknologi khusus. Proses ini mencakup penyulingan yang memastikan keamanan konsumsi. Air mineral ini, setelah dipompa naik, kemudian diolah dan dikemas sebagai air mineral original.

Baca Juga  Pupuk Indonesia Pastikan Stok Subsidi Aman hingga Akhir 2023
  1. Warna Hijau: Mineral Alami dan Pengolahan Minimal

Warna hijau pada tutup botol mengindikasikan bahwa air minum dalam botol tersebut mengandung mineral alami dan mungkin telah melalui pengolahan minimal. Air ini diambil dari dalam tanah, kaya akan mineral, dan informasi tentang kandungan mineral serta lokasi tempat pengambilan air biasanya tertera pada botolnya.

  1. Warna Putih: Air Pipa yang Diproses

Tutup botol berwarna putih menandakan bahwa air yang digunakan berasal dari air pipa yang ditadah. Melalui proses penyulingan dan penambahan bahan kimia, keaslian air mungkin sedikit terganggu. Kemasan sering kali hanya diberi label “Air Minum” dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan warna tutup botol air kemasan lainnya.

Baca Juga  Badan Pangan Nasional Pastikan Persediaan Beras Aman di Seluruh Wilayah Indonesia
  1. Warna Merah: Rasa Khusus seperti Jeruk atau Lemon

Warna merah pada tutup botol biasanya menunjukkan bahwa air minum dalam botol tersebut memiliki rasa tertentu, seperti rasa jeruk atau lemon, memberikan variasi yang menarik bagi konsumen yang mencari pengalaman minum yang berbeda.

Dengan pemahaman ini, konsumen kini dapat membuat pilihan yang lebih cerdas sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka hanya dengan melihat warna tutup botol air minum kemasan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *