Prajogo Pangestu, Mantan Sopir Angkot yang Menjadi Orang Terkaya Indonesia dengan Kekayaan USD40,4 Miliar

Kekayaan Prajogo Pangestu, Orang Terkaya Indonesia.
Kekayaan Prajogo Pangestu, Orang Terkaya Indonesia.

Jakarta – Perjalanan hidup luar biasa seorang mantan sopir angkot, Prajogo Pangestu, mencapai puncak keberhasilan dengan menjadi orang terkaya di Indonesia. Menurut laporan terbaru dari Forbes The Real-Time Billionaires, kekayaan Prajogo Pangestu kini mencapai USD40,4 miliar atau sekitar Rp625,7 triliun dengan kurs Rp15.490 per USD. Prestasinya ini menjadikannya mendekati pendiri TikTok, Zhang Yiming, yang memiliki kekayaan sebesar USD43,4 miliar.

Lahir di keluarga pedagang karet di Sungai Betung, Kalimantan Barat pada tahun 1944, Prajogo Pangestu memiliki kisah perjalanan yang menginspirasi. Meskipun hanya tamat sekolah menengah, tekadnya untuk merubah nasib membawanya merantau ke Jakarta pada tahun 1960.

Perjalanan hidupnya tidaklah mudah. Setelah mengalami kegagalan dalam mencari pekerjaan di Ibukota, Prajogo kembali ke kampung halaman dan memulai karier sebagai sopir angkot. Keberuntungan akhirnya berpihak padanya ketika dia bertemu dengan pengusaha kayu asal Malaysia, Bong Sun (Burhan Uray), pada akhir tahun 1969.

Baca Juga  Merayakan Milestone, Ulang Tahun ke-56 Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

Bisnis kayu yang dirintisnya berkembang pesat. Pada tahun 1976, Prajogo Pangestu diangkat sebagai General Manager (GM) Pabrik Plywood Nusantara Gresik, Jawa Timur, setelah tujuh tahun lebih berkarya dengan tekad dan kerja keras.

Kesuksesannya tidak berhenti di situ. Pada akhir tahun 1970-an, Prajogo merintis bisnis perkayuan dan memutuskan untuk go public dengan perusahaannya, Barito Pacific Timber, pada tahun 1993. Setelah mengurangi bisnis kayunya pada tahun 2007, perusahaan ini berganti nama menjadi Barito Pacific.

Pada tahun 2007, Barito Pacific melakukan akuisisi besar dengan mengambil 70% saham perusahaan petrokimia Chandra Asri. Bergabung dengan Tri Polyta Indonesia pada tahun 2011, Chandra Asri kini menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

Baca Juga  Rahasia Konglomerat Indonesia, Bisnis Sepak Bola di Eropa

Keteguhan, tekad, dan kerja keras Prajogo Pangestu mengukir namanya dalam sejarah sebagai sosok yang bukan hanya berhasil merubah nasib pribadinya tetapi juga berkontribusi besar dalam pertumbuhan industri kayu dan petrokimia di Indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *