Perbandingan Gaji Asisten Rumah Tangga (ART) di Indonesia dan Luar Negeri: Mencari Keseimbangan Ekonomi

Besaran gaji ART.
Besaran gaji ART

Jakarta – Peran Asisten Rumah Tangga (ART) tidak dapat dipandang sebelah mata dalam menjalankan tugas-tugas rumah tangga, terutama bagi mereka dengan jadwal padat. Meski sering kali dianggap sepele, ternyata gaji yang diterima oleh ART dapat mencapai jumlah fantastis. Namun, perbedaan gaji antara ART di Indonesia dan di luar negeri menjadi salah satu faktor yang mendorong banyak ART memilih untuk bekerja di luar negeri.

Okezone mengajak untuk menjelajahi perbandingan gaji ART di Indonesia dan di luar negeri berdasarkan berbagai sumber, Selasa (14/11/2023).

Menurut Nasrussalam Zakaria, situs penyalur ART di Indonesia, gaji seorang ART di Tanah Air rata-rata sekitar Rp2.000.000 per bulan. Untuk ART pemula, gaji standarnya mulai dari Rp1.800.000 per bulan. Namun, perlu diingat bahwa besaran gaji ART dapat bervariasi tergantung pada penilaian kemampuan dan pengalaman masing-masing ART oleh penyalur sebelum mereka dikirim ke rumah-rumah majikan.

Baca Juga  Presiden Jokowi Tinjau Stok Beras di Pasar Induk Cipinang

Di sisi lain, gaji ART di luar negeri, seperti di Amerika Serikat dan Singapura, jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. ZipRecruiter mencatat rata-rata gaji ART di Amerika Serikat sekitar USD28 per jam atau sekitar Rp444.638 per jam (dengan kurs Rp15.879). Gaji tertinggi terdapat di Cupertino, California, mencapai USD6.352 per bulan atau sekitar Rp100.869.422.

Baca Juga  Investor Rusia Bergairah, Angin Segar bagi IKN: Fakta Terkini dan Minat Investor Asing

Sementara itu, gaji ART di Singapura bervariasi antara SGD400 hingga SGD650 per bulan, setara dengan Rp4.653.489 hingga Rp7.559.766 (dengan kurs Rp11.630).

Perbedaan signifikan ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti tingkat ekonomi, biaya hidup, dan regulasi ketenagakerjaan yang berlaku di masing-masing negara. Negara dengan ekonomi lebih tinggi cenderung memberikan gaji ART yang lebih besar untuk menyesuaikan dengan tingkat biaya hidup yang lebih tinggi di daerah tersebut.

Keseimbangan ekonomi antara pengusaha dan pekerja ART menjadi perhatian penting agar upah yang diterima mencerminkan nilai jasa yang dihasilkan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *