Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Investasi: Pembahasan Freeport McMoRan Capai Tahap Akhir

Presiden Jokowi bertemu bos freeport.
Presiden Jokowi bertemu bos freeport

Washington DC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Chairman Freeport McMoRan, Ricard Adkerson, di Hotel Waldorf Astoria, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023. Pertemuan tersebut membahas penambahan saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang yang telah mencapai tahap akhir.

Presiden Jokowi menyambut baik kemajuan pembahasan tersebut, khususnya terkait penambahan 10% saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun. “Saya senang mendengar pembahasan penambahan 10% saham Freeport di Indonesia dan perpanjangan izin tambang selama 20 tahun telah capai tahap akhir,” ungkap Presiden Jokowi kepada Ricard Adkerson pada Selasa (14/11/2023).

Lebih lanjut, Jokowi berharap agar kesepakatan ini dapat diselesaikan pada akhir November tahun ini. “Selesai di akhir bulan ini,” tegas Jokowi.

Baca Juga  Mantan Sopir Angkot Raih Puncak Forbes, Prajogo Pangestu Orang Terkaya Indonesia 2024

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim, Erick Thohir, menyoroti peningkatan hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat, terutama dalam bidang perdagangan. “Kalau kita lihat apalagi surplus perdagangan kita dengan Amerika sudah mencapai hampir USD16 miliar, dan pertumbuhannya beberapa tahun terakhir cepat. Investasi Amerika di Indonesia itu sudah nomor empat sekarang, yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Erick.

Erick menegaskan bahwa Presiden Jokowi terus mendorong investasi Amerika Serikat di Indonesia, termasuk dari Freeport McMoRan, yang saat ini 51% sahamnya sudah dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan CEO Freeport McMoRan juga membahas hilirisasi yang dilakukan oleh perusahaan tambang tersebut. Erick menjelaskan bahwa Freeport kini tidak hanya fokus pada kegiatan penambangan emas dan tembaga, tetapi juga telah melakukan investasi dalam pembangunan smelter untuk pengolahan hasil tambang.

Baca Juga  TAMBAH LAYANAN, TIKTOK BERPOTENSI GELIATKAN E-COMMERCE DI INDONESIA

“Ini investasi yang memang kita hilirisasi, yang tadinya hanya murni pertambangan emas dan copper, sekarang sudah mulai diturunkan menjadi industrialisasinya dengan membuka smelter yang berlokasi di Surabaya,” papar Erick. Hilirisasi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi industri tambang di Indonesia.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *