Timnas Brasil Puji Persiapan Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Segini biaya bangun JIS.
Segini biaya bangun JIS.

Jakarta – Timnas Brasil memberikan pujian kepada Indonesia atas kesiapannya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Pelatih Timnas Brasil, Phelipe Leal, mengungkapkan kagumnya terhadap kemegahan Jakarta International Stadium (JIS).

Leal, yang berusia 36 tahun, mengungkapkan bahwa Indonesia sangat serius dalam persiapannya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ia bahkan menggelengkan kepalanya dalam kekaguman saat melihat kemegahan JIS dan rumputnya.

Di balik semua ini, terdapat seorang arsitek hebat, Tiyok Prasetyoadi, yang merancang Stadion JIS. Meskipun desainnya awalnya mendapat kritik, JIS akhirnya menjadi stadion yang sangat memukau dan sesuai dengan standar Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Biaya pembangunan JIS mencapai Rp4,5 triliun, dan sekitar 80% dari biaya tersebut didanai melalui pinjaman dari pemerintah pusat. Pinjaman ini diperoleh dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang didukung oleh pemerintah pusat.

Baca Juga  Argentina U-17 Pimpin 3-0 atas Venezuela U-17 di Babak Pertama Piala Dunia U-17 2023

Dalam persiapan menyambut Piala Dunia U-17 2023, JIS sering melakukan pergantian rumput. Proses ini melibatkan tahap-tahap seperti penggulungan rumput secara manual untuk menjaga kesehatan akar, diikuti dengan pemindahan rumput ke lokasi nursery untuk perawatan lebih lanjut.

Direktur Teknik dan Pengembangan Bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro), I Gede Adi Adnyana, menyatakan bahwa proses renovasi JIS telah selesai, dan stadion yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, kini siap digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Dengan luas mencapai 221.000 meter persegi dan kapasitas penonton mencapai 82.000, JIS telah mendapatkan banyak pujian dari masyarakat.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *