BPS: Jumlah Pengangguran di Indonesia Menurun Namun Masih di Atas Angka Sebelum Pandemi

Jumlah pengangguran 7,86 juta di Indonesia.
Jumlah pengangguran 7,86 juta di Indonesia.

Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis data terbaru yang menunjukkan bahwa pada bulan Agustus 2023, jumlah penduduk usia kerja di Indonesia mencapai 212,59 juta. Dari jumlah tersebut, sekitar 147,71 juta orang termasuk dalam kategori angkatan kerja.

Namun, berita baiknya adalah bahwa jumlah pengangguran pada Agustus 2023 mengalami penurunan. “Sebanyak 7,86 juta orang atau sekitar 5,32% dari total angkatan kerja pada Agustus 2023 merupakan pengangguran,” kata Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti dalam rilis BPS di Jakarta, Senin, 6 November 2023.

Amalia juga mengungkapkan bahwa jumlah pengangguran tersebut turun sebanyak 0,56 juta orang dibandingkan dengan data Agustus 2022. Meskipun ada penurunan, jumlah dan persentase pengangguran masih lebih tinggi dibandingkan dengan periode sebelum munculnya pandemi COVID-19.

Baca Juga  Inflasi April 2024, Beras Alami Deflasi, Data Terbaru dari BPS

Selain itu, Amalia juga memberikan wawasan tentang sektor-sektor ekonomi yang memiliki jumlah tenaga kerja terbanyak. “Tiga lapangan usaha dengan jumlah tenaga kerja terbanyak adalah pertanian, perdagangan, dan industri pengolahan,” ungkap Amalia.

Amalia juga menambahkan bahwa sektor-sektor ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar termasuk akomodasi dan makanan minuman, konstruksi, serta pertanian. Data ini memberikan gambaran yang jelas tentang dinamika angkatan kerja di Indonesia, yang menjadi fokus penting dalam upaya pertumbuhan dan perkembangan ekonomi negara ini.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *