ASDP Indonesia Ferry Siapkan 49 Kapal untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023-2024

ASDP sediakan 49 kapal di Pelabuhan Ketapang-Gilimank.
ASDP sediakan 49 kapal di Pelabuhan Ketapang-Gilimank

Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah mempersiapkan 49 kapal untuk mengoperasikan layanan penyeberangan selama arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024. Jumlah kapal ini akan berlayar di rute penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, menjadikan perjalanan Anda selama musim liburan semakin lancar dan nyaman.

Direktur Utama ASDP, Ira Puspadewi, menyatakan bahwa persiapan sarana dan prasarana di lintas Ketapang-Gilimanuk terus dilakukan oleh perusahaan. Selain kapal-kapal yang siap berlayar, ASDP juga telah menyiapkan tujuh pasang dermaga di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk. Dermaga tersebut dilengkapi dengan 3 Mobile Bridge (MB), satu ponton, dan tiga plengsengan.

“Sebagai upaya dalam meningkatkan pelayanan selama angkutan Nataru, ASDP menambah kapasitas dermaga dengan beroperasinya Dermaga Bulusan yang diproyeksikan mampu menampung sebanyak 300 kendaraan,” ujar Ira dalam keterangannya, hari Minggu (5/11/2023).

Baca Juga  Sukses Uji Coba Sandar Dermaga IV Gilimanuk oleh ASDP Indonesia Ferry

Dalam hal operasional, Ira menjelaskan bahwa Dermaga Bulusan akan diaktifkan selama periode Nataru mendatang. Dermaga yang berlokasi di selatan Pelabuhan Ketapang ini juga akan menjadi alternatif bagi kendaraan truk yang akan menyeberang ke Gilimanuk, khususnya untuk Long Distance Ferry (LDF).

ASDP telah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rapat koordinasi untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan angkutan Nataru. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan pelayanan angkutan penyeberangan, terutama dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan di cabang ASDP yang menjadi fokus perhatian, yaitu Nasional Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Baca Juga  Keluarga Terkaya di Dunia: Kekayaan yang Membeludak di Tangan Para Miliarder

Dengan langkah-langkah persiapan yang telah diambil oleh PT ASDP Indonesia Ferry, masyarakat diharapkan dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar. Dalam semangat kerjasama antara perusahaan dan pemerintah, Nataru tahun ini diharapkan menjadi momen liburan yang penuh kebahagiaan bagi semua.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *