Groundbreaking Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B Rute Velodrome-Manggarai Dilakukan

Pembangunan LRT Jakarta rute manggarai.
Pembangunan LRT Jakarta rute manggarai

Jakarta – Pembangunan Fase 1B Light Rail Transit (LRT) Jakarta yang menghubungkan Velodrome-Manggarai telah resmi dimulai dengan upacara peletakan batu pertama atau groundbreaking yang berlangsung pada Senin, 30 Oktober 2023, di Jakarta International Velodrome. Acara ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang turut didampingi oleh Pelaksana Tugas (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heri Budi Hartono.

Pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai ini merupakan respons terhadap arahan Presiden Joko Widodo untuk memperluas sarana angkutan massal perkotaan sebagai langkah penting dalam mengatasi masalah transportasi di Jakarta. Berikut beberapa fakta penting terkait pembangunan LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai:

  1. Apresiasi dari Menteri Perhubungan: Menteri Perhubungan mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menginisiasi pembangunan LRT dengan menggunakan dana anggaran daerah. Menhub menganggap Jakarta sebagai contoh bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia dalam mengambil inisiatif untuk menyediakan angkutan perkotaan massal yang lebih efisien dan berkelanjutan.
  2. Daftar Stasiun Pemberhentian: LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai akan melibatkan 5 stasiun pemberhentian. Stasiun-stasiun tersebut antara lain Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.
  3. Anggaran: Pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp5,5 triliun untuk mendukung pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai. Anggaran tersebut akan digunakan hingga pembangunan selesai, dan seluruhnya bersumber dari dana daerah.
  4. Tujuan Pembangunan: Pembangunan LRT Jakarta ini bertujuan untuk mendukung kegiatan sosial dan perekonomian masyarakat Jakarta. Selain itu, ini juga merupakan langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengintegrasikan berbagai moda transportasi publik melalui program JakLingko. Pembangunan LRT diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, serta memudahkan mobilitas dan mengurangi kemacetan.
  5. Harapan dari Pembangunan: Pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai diharapkan akan memudahkan mobilitas masyarakat Jakarta dan mendorong integrasi moda angkutan umum, seperti Commuter Line, MRT Jakarta, dan Trans Jakarta. Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi.
  6. Contoh bagi Provinsi Lain: Dengan Jakarta sebagai contoh bagi kota-kota di Indonesia, inisiatif dari pemerintah daerah untuk menyediakan angkutan perkotaan dapat menjadi inspirasi bagi provinsi-provinsi lain untuk mengadopsi solusi serupa dalam meningkatkan mobilitas dan transportasi perkotaan.
Baca Juga  Peningkatan Transaksi QRIS Capai Rp459,4 Triliun, BI Dorong Literasi Keuangan Digital

Pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai merupakan langkah penting dalam menjawab tantangan transportasi perkotaan dan diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Jakarta.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *