Boikot Produk Israel Mendapat Dukungan Luas di Seluruh Dunia

Deretan produk israel yang diboikot dunia.
Deretan produk israel yang diboikot dunia

Jakarta – Sejumlah produk Israel menjadi target boikot oleh masyarakat dunia sebagai bentuk protes terhadap tindakan Israel dalam konflik dengan kelompok Hamas dan serangan terhadap wilayah Palestina. Dampak dari konflik tersebut adalah meningkatnya popularitas Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) di beberapa negara.

Gerakan BDS adalah upaya boikot yang dilakukan oleh konsumen untuk membujuk pelaku perdagangan di seluruh dunia agar berhenti menjual produk dari Israel. Tujuan utamanya adalah memberikan tekanan ekonomi kepada Israel dengan harapan dapat membantu mewujudkan hak setara bagi Palestina.

BDS mencakup berbagai aspek, seperti perusahaan yang terlibat dalam pemukiman ilegal, eksploitasi sumber daya alam Palestina, dan penggunaan tenaga kerja Palestina dengan upah rendah.

Baca Juga  Andi Amran Sulaiman Kembali Jabat Menteri Pertanian, Ini Profil dan Rencana Kerja ke Depan

Dikutip dari sumber informasi Okezone, berikut adalah beberapa produk Israel yang tengah mengalami boikot oleh masyarakat dunia:

1. Puma

  • Puma, salah satu produsen pakaian olahraga terkemuka di dunia, mendapat sorotan karena menjadi sponsor Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA) yang beroperasi di pemukiman ilegal di tanah Palestina.

2. HP

  • HP dijadikan sasaran boikot karena perannya dalam menyediakan teknologi yang digunakan dalam aktivitas Israel terkait apartheid, pendudukan, dan pemukiman kolonial.

3. Siemens

  • Siemens dituduh terlibat dalam upaya ilegal Israel untuk membangun EuroAsia Interconnector di pemukiman, yang menghubungkan jaringan listrik Israel ke Eropa. Perusahaan ini diklaim terlibat dalam usaha ilegal Israel terkait proyek tersebut.

4. AXA

  • Perusahaan asuransi AXA dikecam karena berinvestasi di bank-bank Israel yang terlibat di wilayah Palestina.
Baca Juga  Potensi Harta Karun Migas di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Tinggi, Menguatkan Ketahanan Energi Nasional

5. SodaStream

  • SodaStream, yang menghasilkan mesin dan silinder yang memungkinkan pengguna membuat minuman berkarbonasi di rumah, menjadi sasaran boikot karena peran aktifnya dalam kebijakan yang melibatkan suku Bedouin di Naqab.

Gerakan BDS ini mencerminkan dukungan masyarakat dunia terhadap perjuangan hak dan kemerdekaan Palestina dalam konflik dengan Israel.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *