Kementerian PUPR Siapkan Lelang Ulang Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi

Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi bakal dilelang.
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi bakal dilelang.

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini sedang menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk proses lelang ulang pembangunan jalan tol Gilimanuk – Mengwi.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur (PI) Kementerian PUPR, Herry Trisaputra, menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang menghitung Harga Perkiraan (HP) proyek tersebut di Kementerian Keuangan sebelum melakukan lelang ulang.

“Nanti menyusul nanti yang Bali tender ulang, Gilimanuk – Mengwi, tapi itu belum diumumkan kalo itu,” ujar Herry setelah menghadiri acara Konstruksi Indonesia (KI) di JIExpo Kemayoran pada Rabu (1/11/2023).

Proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi memiliki tiga seksi: Seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 53,6 km, Seksi 2 Pekutatan-Soka sepanjang 24,3 km, dan Seksi 3 Soka-Mengwi sepanjang 18,9 km.

Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi akan melintasi tiga kabupaten, 13 kecamatan, dan 58 desa. Proyek ini juga akan melibatkan pemberdayaan empat desa di Bali sebagai Rest Area terpadu, masing-masing dengan konsep yang berbeda, seperti kearifan lokal di Jembrana, taman bermain internasional di Pekutatan, pedesaan di Soka sebagai tempat beristirahat, dan Tabanan sebagai pusat logistik untuk distribusi dalam kota.

Baca Juga  Bergabunglah dengan Bank Muamalat: Peluang Karir Menarik sebagai Mulia Teller

Herry menjelaskan bahwa proyek ini masih dalam proses, dan mereka sedang melengkapi persetujuan HP di Kementerian Keuangan. Setelah persetujuan akhir diberikan, proyek ini akan memasuki tahap lelang.

Proyek Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi diharapkan dapat memberikan solusi terhadap masalah kemacetan di ruas arteri nasional dan mempersingkat waktu perjalanan ke Denpasar, yang sebelumnya memakan waktu sekitar 5-7 jam menjadi hanya sekitar 1,5-2 jam, menurut Gubernur Bali, Wayan Koster.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah melakukan groundbreaking untuk memulai pembangunan jalan tol Gilimanuk – Mengwi sepanjang 96,84 km senilai Rp24,6 Triliun. Namun, proyek ini tidak berlanjut, dan saat ini dilakukan lelang ulang.

Baca Juga  Kementerian PUPR Bangun Stadion Utama Sumatera Utara untuk PON 2024

Dengan perkiraan biaya investasi sebesar Rp24,6 Triliun, Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi ditargetkan selesai pada tahun 2028, tetapi Menteri Basuki berharap agar seluruh proyek dapat selesai pada akhir 2025.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *