Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Diproyeksikan Naik pada 1 November 2023

Harga BBM non subsidi bakal naik.
Harga BBM non subsidi bakal naik

Jakarta – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diproyeksikan akan mengalami kenaikan pada tanggal 1 November 2023. Kenaikan ini dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, terutama kenaikan harga minyak mentah dunia yang terjadi akibat Perang Hamas-Israel yang kembali memanas.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, menjelaskan bahwa pemerintah telah menetapkan batasan tertentu terkait harga BBM Non Subsidi yang diberlakukan oleh Badan Usaha. Meskipun belum ada persetujuan resmi, batasan dari pemerintah akan menjadi acuan, sehingga harga BBM Non Subsidi tidak boleh melebihi batasan tersebut.

Sebagai informasi, setiap tanggal 1, perusahaan seperti Pertamina dan badan usaha lainnya seperti Shell, Vivo, dan bp-AKR melakukan penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Pada 1 Oktober 2023 lalu, Pertamina telah menaikkan harga jual beberapa jenis BBM, seperti Pertamax, Pertamax Green 95, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Baca Juga  1 November 2023, Pertamina Sesuaikan Harga BBM JBU

Harga Pertamax dijual seharga Rp14.000 per liter untuk kawasan DKI Jakarta, sementara harga Pertamax Green 95 mengalami kenaikan menjadi Rp16.000 per liter dari sebelumnya Rp15.000. Dengan demikian, kita dapat mengantisipasi adanya kenaikan harga BBM Non Subsidi pada 1 November 2023, namun besaran kenaikan tersebut masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *