Perjalanan Kereta Api Sentolo – Wates Normal Kembali dengan Kecepatan 80 Km/Jam

Jalur rel Sentolo-Wates sudah kembali normal.
Jalur rel Sentolo-Wates sudah kembali normal.

Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah memastikan bahwa perjalanan kereta api (KA) di jalur rel antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Wates telah kembali normal dengan puncak kecepatan mencapai 80 km/jam. Hal ini terjadi setelah jalur ini mengalami gangguan akibat anjloknya KA Argo Semeru.

Raden Agus Dwinanto Budiadji, EVP of Corporate Secretary KAI, menyatakan bahwa sekitar 60 personel KAI telah dikerahkan untuk memperbaiki jalur antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Wates. Mereka menggunakan alat perawatan jalan rel, termasuk 2 unit alat perawatan jalan rel jenis MTT dan 1 unit jenis PBR.

Proses perbaikan jalur ini melibatkan 350 bantalan rel, 200 meter potongan rel, dan 400 m3 batu kricak.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam penanganan insiden anjloknya KA Argo Semeru beberapa hari yang lalu, serta langkah-langkah normalisasi jalur sehingga KA dapat kembali beroperasi dengan lancar,” kata Agus dalam keterangannya pada Minggu (22/10/2023).

Baca Juga  Pemerintah Lanjutkan Program Bansos Beras hingga Desember 2023

Agus juga menegaskan bahwa KAI telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Kementerian Perhubungan untuk menyelidiki penyebab anjloknya KA 17 Argo Semeru.

Meskipun belum sepenuhnya puas, Thomas Tuchel tetap mengapresiasi usaha keras yang telah dilakukan oleh para pemain Bayern Munich. Hasilnya, mereka berhasil meraih kemenangan.

“KAI berkomitmen untuk terus fokus pada keselamatan dan memberikan pelayanan optimal kepada semua pelanggan,” ujar Agus.

Agus juga menjelaskan bahwa KAI telah melakukan berbagai evaluasi untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi perubahan iklim yang sangat ekstrem saat ini. Antisipasi tersebut telah tertuang dalam SOP AMUS (Alat Material Untuk Siaga), yang mencakup kesiapan peralatan dalam penanganan gangguan di jalur rel, ketersediaan material cadangan prasarana, dan kesiapan personil.

Perjalanan KA di wilayah KAI Daop 6 Yogyakarta pada Minggu pagi hingga siang ini berlangsung seperti yang dijadwalkan. Semua kedatangan dan keberangkatan KA dilaporkan berjalan tepat waktu, menunjukkan pemulihan normalitas layanan kereta api di jalur Sentolo – Wates.

Baca Juga  BTP Padang Segera Revitalisasi Jalur Kereta Api Nareh-Sungai Limau

Sejumlah KA yang beroperasi mencakup KA 90 (Mataram), KA 82F (Manahan), KA 248 (Progo), KA 172 (Joglosemarkerto Cilacap – Yogyakarta), KA 210F (Banyubiru), KA 95 (Sancaka), dan KA 88 (Fajar Utama Solo), serta banyak lagi.

KAI telah melakukan upaya maksimal untuk memastikan bahwa pelayanan kereta api di wilayah tersebut kembali normal setelah insiden anjloknya KA Argo Semeru, serta untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *