Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Menyuarakan Misi Lingkungan Hidup Berkelanjutan melalui Ekonomi Hijau

Visi misi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.
Visi misi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Jakarta – Pasangan calon presiden (Bacapres) dan calon wakil presiden (Bacawapres), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, menyuarakan komitmen mereka untuk mewujudkan lingkungan hidup berkelanjutan melalui ekonomi hijau di Indonesia.

Keempat misi utama ini telah diumumkan dalam visi misi yang disampaikan saat mereka resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 19 Oktober 2023. Dokumen visi misi tersebut diberi judul “Menuju Indonesia Unggul, Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari.”

Melalui dokumen tersebut, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyatakan niat mereka untuk mengakselerasi pembangunan yang berfokus pada lingkungan hidup yang berkelanjutan. Berikut adalah empat misi penting yang mereka usung untuk mencapai tujuan tersebut:

1. Transisi Energi

Pasangan Bacapres dan Bacawapres ini berkomitmen untuk meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber energi utama. Mereka berencana secara bertahap meningkatkan kapasitas EBT hingga sekitar 3.700 GW untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. Tujuannya adalah menjadikan EBT sebagai bagian integral dari bauran energi nasional dengan porsi mencapai 25-30% pada tahun 2029.

Baca Juga  Jogi Hendra Atmadja: Pendiri PT Mayora Indah Tbk dan Orang Terkaya ke-9 di Indonesia

2. Desa Mandiri Energi

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menekankan pentingnya desa-desa di Indonesia untuk mandiri dalam memanfaatkan sumber energi lokal berbasis EBT. Ini akan memungkinkan desa-desa untuk memasok kebutuhan energi mereka sendiri, sehingga mereka dapat menjadi bagian dari upaya penghijauan ekonomi nasional.

3. Limbah jadi Berkah

Pasangan ini berkomitmen untuk mengelola sampah dan limbah secara terintegrasi dan ramah lingkungan. Hal ini bertujuan untuk mengubah masalah sampah menjadi peluang tambahan penghasilan alternatif bagi masyarakat. Konsep “waste to cash” atau “sampah menjadi uang” menjadi fokus dalam upaya ini.

Baca Juga  Ganjar Pranowo: Penegakan Hukum Kunci Pertumbuhan Ekonomi, Target 7% di 2024

4. Ekonomi Sirkuler

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merencanakan upaya untuk meminimalkan kerusakan sosial dan lingkungan melalui pendekatan “reduce, reuse, recycle, repair, and refabricate” (5R). Dengan mengadopsi pendekatan ini, mereka berharap dapat mengatasi masalah plastik dan polusi secara efektif.

Keempat misi ini mencerminkan komitmen kuat pasangan Bacapres dan Bacawapres untuk mengambil langkah konkret dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan yang menjaga lingkungan hidup. Seiring dengan visi misi ini, mereka berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap masa depan Indonesia yang lebih berkelanjutan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *