Waspada Terhadap Penipuan dalam Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Seleksi ASN di 2023.
Seleksi ASN di 2023.

Jakarta – Para pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dihimbau untuk tetap waspada terhadap potensi penipuan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023. Meskipun tahap seleksi CASN baru mencapai hasil seleksi administrasi, tingginya antusiasme masyarakat Indonesia dalam mengikuti seleksi ini membuat munculnya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini seringkali memberikan janji manis kepada para CASN, terutama jika hasil seleksinya tidak sesuai dengan harapan. Mereka mencoba menggoda dengan tawaran cara-cara instan yang sebaiknya dihindari.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sangat menekankan kepada peserta seleksi CPNS dan PPPK untuk selalu waspada terhadap tawaran-tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Baca Juga  Peringatan dari PLN, Waspada Terhadap Penipuan Lowongan Kerja

“Wajib waspada terhadap oknum yang menawarkan janji manis di musim seleksi CASN 2023, tetap ikuti prosedur yang sudah ditentukan,” peringatan ini datang dari akun resmi @bkngoidoffical.

Para pelamar CASN diharapkan untuk selalu memantau pemberitahuan resmi terkait seleksi CPNS dan PPPK. Hasil seleksi haruslah dilakukan melalui proses yang terbuka dan dapat dipantau bersama.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa surat-surat yang mengatasnamakan BKN juga perlu diverifikasi dengan cek keaslian. Hal ini dapat dilakukan dengan memindai kode QR yang tertera pada surat-surat tersebut.

Baca Juga  Menteri Ketenagakerjaan Indonesia dan Malaysia Sepakati Pembaharuan MoU Pekerja Migran

BKN telah mengumumkan hasil seleksi administrasi pada tanggal 16 Oktober 2023. Selanjutnya, proses administrasi akan memasuki tahap masa sanggah dan jawab sanggah hingga tanggal 23 Oktober 2023.

Masa sanggah memberikan pelamar waktu selama tiga hari untuk mengajukan sanggah terhadap hasil seleksi administrasi. Setiap sanggah akan dijawab oleh verifikator instansi melalui portal yang telah ditentukan. Waspada terhadap penipuan adalah kunci untuk menjalani seleksi ini dengan integritas dan kejujuran.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *