Gresik: Wilayah Strategis dengan Banyak Pabrik dan Potensi Industri Kecil Menengah

Pabrik di Gresik.
Pabrik di Gresik

Jakarta – Gresik, sebuah kabupaten di Jawa Timur, telah lama menjadi pusat perdagangan antar pulau sejak abad ke-11. Wilayah ini kini termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menjadi rumah bagi banyak pabrik. Keterletakan strategis, infrastruktur yang memadai, ketersediaan tenaga kerja, dan dukungan pemerintah merupakan beberapa alasan mengapa Gresik menjadi magnet bagi industri.

Gresik memang dikenal sebagai daerah dengan banyak pabrik, dan hal ini didukung oleh potensi sektor industri dan pertambangan yang berkontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah. Selain itu, sektor Industri Kecil Menengah (IKM) juga memiliki potensi besar untuk berkembang di sini.

Dengan posisinya di pesisir Pantai Utara Jawa, Gresik memiliki potensi dalam aktivitas pelabuhan dan perdagangan yang menguntungkan. Selain itu, kabupaten ini juga pernah melakukan Kajian Kompetensi Inti Industri Kabupaten (KIID) pada tahun 2014 dan mengidentifikasi 5 produk unggulan prioritas, termasuk tenun ATBM, songkok, bordir, mebel pelepah pisang, dan rebana.

Baca Juga  Erick Thohir Rincikan Capaian dan Rencana BUMN di Depan Komisi VI DPR

Gresik, yang saat ini dipimpin oleh Bupati Fandi Akhmad Yani, terus berupaya mengoptimalkan potensi ekonominya, termasuk mendukung perkembangan industri dan IKM. Dengan faktor-faktor tersebut, Gresik tetap menjadi destinasi utama bagi investasi industri di Jawa Timur dan memainkan peran penting dalam perekonomian regional dan nasional.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *