Kementerian Perhubungan Belum Pastikan Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Segini tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Segini tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum memastikan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Namun, berdasarkan informasi dari pihak Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), kemungkinan besar harga tiket kereta cepat akan sekitar Rp250.000.

Harga tiket kereta cepat ini tidak akan menerima subsidi dari pemerintah, dan harga Rp250.000 sudah mencakup diskon yang diberikan selama tiga tahun pertama operasi kereta cepat.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, atau biasa dipanggil Tiko, mengungkapkan bahwa diskusi dengan Kemenhub selama ini cenderung pada pengenaan tarif kereta cepat sebesar Rp250.000.

Untuk penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke perkotaan setelah tiba di Bandung, tersedia fasilitas kereta feeder dengan biaya tambahan sekitar Rp50.000.

Baca Juga  Kolaborasi Indonesia di MICE 2024, Promosikan Kopi Nusantara ke Pasar Australia

“Pembicaraan sekarang Rp250.000 ya (harga tiket KCJB), untuk saat ini. Nanti akan tergantung pada Kementerian Perhubungan, tapi saat ini masih Rp250.000, ditambah Rp50.000 untuk kereta feeder ke Padalarang,” kata Tiko di Jakarta pada Senin, 9 Oktober 2023.

Sebelumnya, KCIC telah mengusulkan tarif KCJB berkisar antara Rp250.000 hingga Rp300.000.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, menanggapi dengan menyatakan bahwa kisaran harga tiket harus bergantung pada klasifikasi kelas, termasuk segmen premium ekonomi, bisnis, dan VIP. Sampai saat ini, Kemenhub belum mengumumkan nominal pasti tarif kereta cepat.

Baca Juga  Registrasi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kembali Dibuka, Antusiasme Masyarakat Tinggi

“Ada berbagai kelas, seperti premium ekonomi, bisnis, dan VIP. Detailnya bisa dikonfirmasi langsung kepada KCIC,” kata Adita saat dihubungi oleh MNC Portal.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *