Duka Mendalam Pedagang TikTok Shop Saat Layanan Ditutup

TikTok Shop resmi ditutup.
TikTok Shop resmi ditutup

Jakarta – TikTok Shop resmi ditutup pada 4 Oktober 2023, dan duka mendalam dirasakan oleh sejumlah pedagang yang telah menjadikan platform social commerce ini sebagai sarana berjualan mereka. Menjelang penutupan TikTok Shop pada pukul 17.00 WIB, mayoritas pedagang mengungkapkan kesedihan mereka, bahkan ada yang tak kuasa menahan air mata.

Berikut rangkuman beberapa fakta mengenai penutupan TikTok Shop dan kesedihan yang dirasakan oleh para pedagang, pada Minggu (8/10/2023):

  1. Pedagang Kecewa

Pada tanggal 4 Oktober 2023, TikTok Shop secara resmi ditutup pukul 17.00 WIB. Keputusan penutupan layanan social commerce TikTok ini mengundang kekecewaan dari sejumlah pedagang online, khususnya di Mojokerto.

Salah satu pedagang TikTok Shop, Agra Risyaf, mengungkapkan rasa kecewa dan sedihnya atas penutupan platform tersebut. Ekspresi wajah Agra saat melakukan siaran langsung terakhir di TikTok Shop mencerminkan kesedihan yang mendalam.

“Ini live di TikTok Shop untuk terakhir kalinya sebelum aplikasi TikTok Shop resmi ditutup pemerintah per 4 Oktober Tahun 2023,” ungkapnya.

Baca Juga  PGN Tandatangani Perjanjian Jual-Beli Gas dengan Medco untuk Lima Tahun ke Depan
  1. Pedagang Menangis

Saat menjelang penutupan TikTok Shop pada pukul 17.00 WIB, mayoritas pedagang di platform ini tak mampu menyembunyikan kesedihan mereka. Keputusan pemerintah yang melarang TikTok melakukan transaksi jual beli secara online menyebabkan mereka merasa kecewa dan menangis.

“Hampir semua penjual mengungkapkan kesedihan dan kekecewaan karena layanan ini harus ditutup. Bahkan ada yang sampai meneteskan air mata,” kata salah satu penjual dengan mata berkaca-kaca di hari penutupan TikTok Shop, pada tanggal 4 Oktober 2023.

  1. TikTok Mematuhi Aturan Pemerintah

Pihak TikTok Indonesia menjelaskan bahwa penutupan TikTok Shop dilakukan sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah, yaitu revisi Permendag Nomor 31/2023.

“Kami ingin menginformasikan kepada Anda bahwa untuk mematuhi peraturan tersebut, mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB, kami tidak akan lagi memfasilitasi transaksi penjualan di TikTok Shop di Indonesia,” demikian pernyataan TikTok Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2023.

Baca Juga  Presiden Jokowi Akan Regulasi TikTok Shop agar Lebih Berfokus pada Sosial Media
  1. Dampak pada Iklan Penjualan Produk

Penutupan TikTok Shop berarti semua kampanye iklan penjualan produk melalui platform ini dihentikan secara otomatis. Selain itu, pembuatan iklan juga tidak akan bisa dilakukan lagi.

“Tetapi tim kami akan terus bekerja sama dengan regulator dan berkomitmen mendukung pertumbuhan Anda di platform kami, sembari tetap mematuhi hukum dan peraturan setempat,” tambah TikTok Indonesia dalam pernyataannya pada tanggal 4 Oktober 2023.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *