TikTok Indonesia Tutup TikTok Shop Setelah Berkoordinasi dengan Pemerintah

TikTok Shop resmi ditutup per 4 Oktober 2023.
TikTok Shop resmi ditutup per 4 Oktober 2023.

TikTok – TikTok Indonesia telah mengumumkan penutupan transaksi TikTok Shop pada hari Rabu (4/10/2023) pukul 17.00 WIB. Keputusan ini diambil setelah koordinasi dengan pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana di masa depan.

Dalam pernyataan resmi, TikTok menyatakan bahwa prioritas utama mereka adalah menghormati dan mematuhi peraturan serta hukum yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, TikTok tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce di dalam TikTok Shop Indonesia mulai tanggal 4 Oktober pukul 17.00 WIB. Mereka juga menekankan bahwa akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia terkait langkah dan rencana masa depan mereka.

Keputusan ini datang setelah pemerintah Indonesia menerbitkan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Revisi ini merupakan perubahan dari Permendag 50/2020.

Baca Juga  Syahrul Yasin Limpo (SYL) Pamitan dan Sampaikan Laporan Kinerja pada Presiden Joko Widodo

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan bahwa aturan baru tersebut tidak dimaksudkan untuk melarang aplikasi media sosial sebagai sarana perdagangan seperti TikTok Shop. Sebaliknya, aturan ini bertujuan untuk mengatur dan menciptakan ekosistem perdagangan yang adil.

Baca Juga  Menteri ESDM Arifin Tasrif, Negara Akan Ambil Alih Tambang Jika Ormas Keagamaan Menolak

Penutupan TikTok Shop di Indonesia mencerminkan komitmen TikTok untuk tetap berada dalam kerangka regulasi yang berlaku di negara ini, sambil terus berupaya menjalin kerja sama yang konstruktif dengan pemerintah untuk menciptakan lingkungan bisnis yang sehat dan adil.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *