Presiden Jokowi: Kritik Terhadap Kereta Cepat adalah Peluang untuk Pembelajaran

Presiden Jokowi resmikan kereta cepat hari ini.
Presiden Jokowi resmikan kereta cepat hari ini

Jakarta – Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, mengajak semua pihak untuk tidak menghindari kritik terhadap proyek kereta cepat yang tengah dikembangkan di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa kereta cepat adalah hal baru bagi masyarakat Indonesia, dan kritik dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk membangun infrastruktur yang lebih baik.

Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Jokowi setelah meresmikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung, yang dikenal dengan nama Whoosh, di Stasiun Halim, Jakarta Timur pada Senin (2/10/2023).

“Karena itu saya pesan agar kita semuanya tidak alergi terhadap kritik. Dan tetap semangat untuk belajar karena pengalaman kita membangun infrastruktur baik Jalan Tol, Pelabuhan, bandara Bendungan transportasi telah memberikan pengalaman dan bekal kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga menekankan bahwa proyek-proyek seperti kereta cepat, LRT, dan MRT adalah hal baru bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk tidak takut untuk belajar dan mencoba hal-hal yang baru.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmikan Stasiun Pompa Ancol-Sentiong, Langkah Penting untuk Kontrol Banjir Jakarta

“Dan proyek kereta cepat ini merupakan hal baru bagi kita, MRT juga hal baru bagi kita, LRT juga hal baru bagi kita, kereta cepat juga hal baru bagi kita. Baru teknologinya, baru kecepatannya dan juga konstruksinya. Baru juga model pembiayaannya,” kata Jokowi.

Ia menambahkan, semua hal tersebut adalah tantangan baru yang harus dihadapi dengan keberanian dan semangat untuk belajar. Dalam proses pembangunan, mungkin akan muncul kendala dan ketidaksempurnaan yang tidak terduga, tetapi pengalaman ini dinilai sangat berharga.

“Biaya kesalahan juga akan semakin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek lama-kelamaan juga akan semakin rendah,” papar Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini bahwa keberanian untuk mencoba hal-hal baru akan memberikan kepercayaan diri dan kesempatan untuk belajar kepada generasi muda Indonesia.

Baca Juga  Pembangunan IKN Menekankan Penggunaan Produk Dalam Negeri

“Dengan modernisasi transportasi massal seperti Kereta Cepat Jakarta Bandung ini, kita menunjukkan tekad untuk memajukan transportasi yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya serta pengembangan berbasis transit,” tegasnya.

Presiden Jokowi berharap bahwa langkah-langkah seperti ini akan membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan membuat bangsa Indonesia semakin mandiri di masa depan.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *