Tidak Ada Pendaftar CPNS dan PPPK di Beberapa Instansi Selama Seleksi CASN 2023

Tidak ada CPNS PPPK 2023 yang melamar di instansi ini.
Tidak ada CPNS PPPK 2023 yang melamar di instansi ini

Jakarta – Ternyata tidak ada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang mendaftar di beberapa instansi sejak pendaftaran dibuka pada Rabu, 20 September 2023.

Sejak awal tahun ini, seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) menjadi sorotan utama. Seleksi ini meliputi pengangkatan CPNS dan PPPK yang dinantikan oleh ribuan pelamar di seluruh Indonesia. Para pelamar dapat mengakses informasi mengenai formasi yang tersedia di laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui sscasn.bkn.go.id.

Namun, hampir sepekan setelah pembukaan pendaftaran, beberapa instansi ternyata masih belum menerima satu pun lamaran dari para pelamar. Berdasarkan data yang diunggah oleh BKN per 26 September 2023 pukul 06.00 WIB melalui akun Instagram resminya, terlihat bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bahkan tidak memiliki satu pun pelamar CPNS. Sedangkan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), hanya satu orang yang telah mengirimkan lamaran ke instansi tersebut.

Tiga hari setelahnya, pada 29 September 2023 pukul 06.00 WIB, BKN memperbarui data tersebut. Jumlah pelamar CPNS di Kemdikbud melonjak drastis menjadi 121 pelamar, sementara pendaftar CPNS di KESDM masih tetap stagnan dengan hanya satu pelamar.

Baca Juga  Erick Thohir Menilai Rencana Mengganti BUMN dengan Koperasi "Tidak Masuk Akal"

Sementara itu, terkait PPPK, hingga saat ini terdapat 14 daerah di tiga sektor guru, Nakes (Tenaga Kesehatan), dan teknis yang belum mendapatkan satu pun pendaftar. Ke-14 daerah tersebut meliputi:

  1. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (sektor guru)
  2. Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya (sektor guru)
  3. Pemerintah Kabupaten Intan Jaya (sektor guru)
  4. Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang (sektor guru)
  5. Pemerintah Kabupaten Boven Digoel (sektor Nakes)
  6. Pemerintah Kabupaten Intan Jaya (sektor Nakes)
  7. Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang (sektor Nakes)
  8. Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (sektor Nakes)
  9. Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (sektor Nakes)
  10. Pemerintah Kota Kotamobagu (sektor teknis)
  11. Pemerintah Kabupaten Bantaeng (sektor teknis)
  12. Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (sektor teknis)
  13. Pemerintah Kabupaten Lingga (sektor teknis)
  14. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (sektor teknis)
Baca Juga  Rekor Pendaftar Seleksi CPNS dan PPPK Kementerian Agama 2023: 169.754 Pelamar Bersaing untuk 4.125 Formasi

Hanya dalam waktu tiga hari, dari 26 September hingga 29 September, jumlah pelamar CPNS dan PPPK mengalami peningkatan yang signifikan. BKN mencatat bahwa sebanyak 47.222 pelamar telah mengirimkan lamaran untuk CPNS 2023, meningkat sebesar 65,3% dari jumlah sebelumnya. Sementara itu, PPPK guru 2023 memiliki 215.333 pelamar, meningkat hingga 857,5% dari sebelumnya. Di sektor PPPK Nakes 2023, terdapat 5.462 pelamar, meningkat sebesar 146,2%, dan PPPK teknis 2023 memiliki 10.502 pelamar, naik sebesar 119,2% dari jumlah sebelumnya.

Ini merupakan perkembangan menarik selama proses seleksi CASN, di mana beberapa instansi pada awalnya tidak mendapatkan satu pun pendaftar CPNS dan PPPK 2023. (BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *