Raja Armada Bus di Indonesia: Merek-merek PO Bus dengan Aset Terbanyak

Deretan PO Bus Terkaya Indonesia..
Deretan PO Bus Terkaya Indonesia.

Jakarta – Perusahaan Otobus (PO) bus menjadi tulang punggung transportasi darat di Indonesia. Salah satu bukti keberadaan dan dominasi PO bus ini adalah melimpahnya armada bus yang mereka miliki. Tak heran bila beberapa PO bus menjadi sorotan utama di jalanan Indonesia, tidak hanya karena kehadiran mereka yang mencolok, tetapi juga pelayanan yang andal. Beberapa PO bus bahkan memiliki jumlah armada yang sangat mengesankan.

Salah satu PO bus yang kerap melintas di jalanan ibu kota adalah PO Mayasari. Didirikan oleh Engkud Mahpud, PO Mayasari Bakti tidak hanya memiliki satu atau dua trayek, tetapi sekaligus beberapa trayek dengan armada terbanyak di Indonesia. Menyediakan layanan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus kota, hingga bus pariwisata, Mayasari Bakti mengoperasikan lebih dari 3.000 unit armada bus yang tersebar di berbagai daerah.

Tidak kalah mengesankan, PO Hiba juga menjadi pemain besar dalam dunia transportasi darat. Dibawahi oleh Jacobus Irawan, PO Hiba Group melayani kebutuhan bus pariwisata, antar jemput karyawan, dan AKAP. Dengan perkiraan aset lebih dari 2.000 unit, PO Hiba menjadi salah satu pilihan utama bagi penumpang yang mencari kenyamanan dan keandalan dalam perjalanan.

Baca Juga  Jaringan Jalan Tol Indonesia Meluas, Total 2.816 KM Terhubung 5 Pulau Utama

PO bus Sinar Jaya juga tak kalah berperan dalam industri ini. Didirikan oleh Herman Rusly di Bekasi, Jawa Barat, PO Sinar Jaya telah mengantarkan penumpang sejak tahun 1969. Keberhasilan ini terlihat dari lebih dari 1.000 unit armada bus yang mereka miliki. Kini, PO Sinar Jaya dikelola oleh putranya, Teddy Kurniawan Rusli, yang meneruskan jejak kesuksesan sang ayah.

PO Haryanto juga mencuri perhatian dengan dedikasi dan inovasi mereka. Diketahui, Haryanto, pemilik PO Haryanto, telah mengumpulkan sekitar 300 bus dengan 2.000 karyawan yang berdedikasi. Keberhasilan ini tidak lepas dari kontribusi Ryan Mahendra, sang anak, yang menjabat sebagai direktur perusahaan.

Sementara itu, PO Rosalia Indah menjadi ikon dengan ciri khasnya yang kuat. Yustinus Soeroso, pemiliknya, telah membangun PO Rosalia Indah dengan lebih dari 1.000 karyawan dan 140 kantor perwakilan serta agen di Jawa dan Sumatera. Terobosan terbaru PO ini adalah kehadiran 21 unit armada double decker, memberikan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan.

Baca Juga  OJK Tegaskan Industri Perbankan Mampu Menangani Dampak Penguatan Dolar AS

Tidak ketinggalan, PO Lorena juga menunjukkan eksistensinya dengan gaya uniknya. Pendiri Lorena Group, GT Soerbakti, telah membentuk jaringan trayek AKAP di 60 kota yang mencakup Pulau Bali, Jawa, Madura, hingga Sumatera. Dengan ratusan unit armada bus, PO Lorena bahkan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kini, putri pendiri, Eka Lorena, mengemban tugas menjaga kelangsungan perusahaan.

Melalui aset yang melimpah, kualitas pelayanan, dan dedikasi, PO bus di Indonesia terus memberikan kontribusi positif dalam membantu mobilitas dan transportasi rakyat. Keberadaan mereka tidak hanya terlihat di jalanan, tetapi juga membantu menghubungkan berbagai destinasi di Tanah Air.(BY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *