Bersatu dalam Perubahan, Komitmen Menuju Masa Depan Kabupaten Pesisir Selatan yang Lebih Baik

Foto bersama

Painan, fajarharapan.id – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-76 tidak hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga momen penting yang diisi dengan refleksi mendalam dan komitmen untuk masa depan yang lebih baik.

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Pesisir Selatan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Ermizen, S.Pd, Senin, 22 April 2024, menjadi saksi kehadiran berbagai tokoh dan pemangku kepentingan yang turut merayakan tonggak sejarah ini.

Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Ermizen, S.Pd, dengan tegas menyoroti pentingnya nilai-nilai persatuan dan rasa memiliki terhadap daerah ini, terutama dalam menghadapi tantangan pasca bencana banjir dan tanah longsor.

Dia juga menekankan potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan, baik dari segi sumber daya alam maupun manusianya, yang harus dimanfaatkan secara optimal untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Peringatan ini juga menjadi panggilan untuk merenungkan perjalanan masa lalu, memperbaiki kesalahan, dan mengambil langkah-langkah yang lebih baik ke depan. Dalam konteks pasca-bencana, keselarasan antara pemerintah daerah, DPRD, dan masyarakat menjadi krusial dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi.

Meskipun terdapat penghargaan terhadap keberhasilan yang dicapai dalam menjalankan roda pemerintahan, tetapi semua pihak diingatkan untuk tidak terlena dan terus berupaya mencapai lebih banyak lagi. Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah menjadi fokus, dengan harapan bahwa semua elemen masyarakat akan bersatu dalam visi untuk mencapai kemajuan yang lebih besar.

Seluruh elemen masyarakat Pesisir Selatan diundang untuk memanfaatkan momentum peringatan hari jadi ini sebagai panggilan untuk bersatu dan berkontribusi aktif dalam membangun daerah ini menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.

Baca Juga  DPRD Pesisir Selatan Menyetujui KUA-PPAS 2023 dalam Rapat Paripurna; Langkah Penting Menuju Pembangunan Tahun Mendatang

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para pemimpin terdahulu yang telah berperan dalam memajukan Kabupaten Pesisir Selatan sejak awal terbentuknya. Semoga semangat kebersamaan dan komitmen untuk kemajuan terus membara di hati setiap warga Pesisir Selatan.

Setiap tahunnya peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan menjadi sebuah momen yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat. Tanggal 15 April telah menjadi hari bersatunya seluruh masyarakat Pesisir Selatan, dari ujung utara Koto XI Tarusan hingga ujung selatan Silaut, menyatukan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai satu kesatuan yang penuh kedaulatan.

Menurut ketua DPRD, peringatan Hari Jadi Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-76 tahun ini memiliki makna yang sangat dalam, bukan hanya sebagai perayaan euforia semata, tetapi sebagai waktu yang penting untuk mengingat sejarah dan nilai-nilai persatuan yang menjadi fondasi kuat bagi Kabupaten ini. Momen ini menjadi ajang refleksi untuk memupuk rasa cinta, memiliki, dan peduli terhadap Kabupaten Pesisir Selatan.

Khususnya setelah musibah bencana banjir dan tanah longsor pada tanggal 7 Maret 2024 lalu, yang merenggut 25 nyawa dan menyebabkan kerugian materiil yang cukup besar bagi masyarakat. Namun, di tengah kesedihan dan duka cita, masyarakat Pesisir Selatan menunjukkan kekuatan solidaritas dan gotong royong dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana.

Upaya rehabilitasi dan rekonstruksi tidaklah mudah, namun dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Forkopimda, Pemerintah Provinsi, Pusat, serta bantuan dari para perantau dan simpatisan, Kabupaten Pesisir Selatan berhasil bangkit dan mulai pulih dari dampak bencana tersebut. Namun, tantangan masih besar di depan, dan peringatan Hari Jadi kali ini menjadi momentum untuk mengenang para korban serta meneguhkan tekad untuk membangun kembali lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga  Awal Tahun 2024 Herpi Damson Laksanakan Reses di Kecamatan Sutera

Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi sumber daya alam yang kaya, mulai dari pertanian, perkebunan, hingga potensi pariwisata yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal. Dalam menghadapi masa depan, diperlukan kerja keras dan komitmen bersama untuk mengelola potensi ini agar memberikan manfaat yang maksimal bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan yang bersejarah ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemimpin terdahulu yang telah berjuang memajukan Kabupaten ini sejak awal. Semoga semangat kebersamaan dan komitmen untuk membangun Kabupaten Pesisir Selatan terus membara di hati setiap warga, sehingga visi untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dengan baik.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Bupati Pesisir Selatan Drs. Rusma Yul Anwar, M. Pd dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansyah, S.Si telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang tinggi. Meskipun telah memutuskan untuk maju menjadi Anggota DPR RI, namun harapan dan dukungan tetap terpancar untuk kelanjutan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Pesisir Selatan di masa mendatang.(adv/wandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *