Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Gelar Reses dengan Diskusi Program Adat dan Agama

Painan, fajarharapan.id – Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Drs Jamalus M.M, mengadakan kegiatan reses di ruang pertemuan Camat Sutera pada Kamis (18/1/2024), dimulai pukul 9.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, seperti Niniak Mamak, alim ulama, tokoh masyarakat, Walinagari, Bamus, tokoh pemuda, dan ibu-ibu Bundo kandung, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Jamalus menyampaikan bahwa kegiatan reses pertama awal tahun 2024 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 13/2019 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3). Undang-undang tersebut mewajibkan anggota DPR/DPRD untuk menyampaikan reses kepada konstituen, dan Pasal 22(1) MD3 menetapkan bahwa kegiatan reses pimpinan dan anggota DPRD dilaksanakan 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) tahun.

Lebih lanjut, Jamalus menjelaskan bahwa kegiatan reses anggota DPRD Pesisir Selatan tahun 2024 berlangsung mulai tanggal 15 hingga 20 Januari 2024. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendengar aspirasi masyarakat yang nantinya akan dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Pesisir Selatan.

Baca Juga  Pj Wako Jasman, Pasar Pabukoan Ruang UMKM Tetap Produktif

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam acara reses saya hari ini, karena kegiatan ini sangat penting. Saya berharap agar masyarakat tidak sungkan-sungkan untuk memberikan usulan dan aspirasi demi kemajuan Kecamatan Sutera ke depannya,” ucapnya.

Selain membahas usulan pembangunan di bidang pertanian dan kelautan, dalam kesempatan ini juga dibahas program Adat Basandi Sarak (ABS) dan Sarak Basandi Kitabullah (SBK), dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Yulizqi Yunus dan Dr. Zaitul Iklas.

Program ABS dan SBK mendapatkan perhatian serius dari para undangan, mengingat nilai-nilai adat dan agama mulai memudar di tengah-tengah masyarakat. Dalam diskusi, juga diungkapkan kekhawatiran terkait tradisi kembali ke surau yang kini sudah jarang dilaksanakan.

Baca Juga  Anggota DPRD Pessel Darwiadi Lakukan Reses Pertama Tahun 2024

“Tradisi kembali ke surau sebenarnya sudah lama digaungkan pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, tapi sampai saat ini tidak berjalan karena kurangnya sosialisasi dari instansi terkait. Jadi sekarang tugas kita bersama dari segala lintas sektor agar program tersebut kembali ada di tengah-tengah masyarakat,” ujar Jamalus.

Iwal, Walinagari Amping Parak Kecamatan Sutera, menyampaikan terima kasih kepada Jamalus atas penyelenggaraan reses untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Ia berharap agar apa yang menjadi keinginan masyarakat bisa diperjuangkan dalam agenda Rapat Paripurna DPRD Pesisir Selatan. (YT/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *