KPU Kota Bukittinggi Tetapkan 310 Anggota DPRD dalam DCT Pemilu 2024

KPU
Komisioner KPU Kota Bukittinggi dalam salah satu kegiatan.

Bukittinggi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, telah menetapkan sebanyak 310 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dalam daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Bukittinggi, Satria Putra, mengumumkan bahwa total DCT mencakup 310 orang yang diusulkan oleh 15 partai politik di daerah tersebut. Sementara tiga partai, yaitu Hanura, Garuda, dan PKN, tidak mengusulkan calon.

“Kelima belas partai tersebut adalah PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Buruh, Gelora, PKS, PAN, PBB, Demokrat, PSI, Perindo, PPP, dan Ummat,” kata Satria.

Setelah penentuan DCT ini, KPU Kota Bukittinggi akan segera mengumumkan hasilnya melalui media cetak dan elektronik, yang akan ditampilkan di papan pengumuman serta situs web resmi.

“Selanjutnya, selama 75 hari, partai politik akan menggelar kampanye mulai dari tanggal 28 November hingga 10 Februari 2024,” tambahnya.

Baca Juga  Pemilihan Wali Kota Padang Dimulai, Ini Tanggalnya

Sebelumnya, KPU Kota Bukittinggi akan memberikan panduan teknis kepada partai politik mengenai pembukaan, pembuatan, dan penyusunan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK).

“KPU Kota Bukittinggi akan mengadakan rapat koordinasi dengan rekan-rekan dari partai politik serta instansi terkait mengenai lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang telah kami tetapkan,” ungkap Satria.

KPU Bukittinggi telah mengumumkan rincian DCT dalam Pengumuman Bernomor 15/PL.01.4-Pu/1375/2023 tentang DCT Anggota DPRD Kota Bukittinggi dalam Pemilu 2024.

Pengumuman ini diselenggarakan sesuai dengan ketentuan Pasal 85 ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota DPRD Provinsi serta Kabupaten Kota.

Selain itu, berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Bukittinggi Nomor 71 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bukittinggi dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 tanggal 3 November 2023.

Baca Juga  Mahyeldi Kunjungi Korban Banjir di Bukittinggi, Janji Normalisasi Sungai

KPU Kota Bukittinggi juga mengumumkan persentase keterwakilan perempuan dalam DCT. Dalam DCT yang diumumkan, persentase keterwakilan perempuan terbesar terdapat di Partai Perindo dengan angka 55,56 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *