Perguruan Tinggi Memainkan Peran Penting dalam Pembangunan Sumatera Barat

Perguruan Tinggi
Sekda Sumbar, Hansastri Matondang.

Bukittinggi – Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri Matondang, menegaskan bahwa perguruan tinggi memiliki peran kunci dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan daerah.

Hansastri mengatakan, “Perguruan Tinggi (PT) memiliki keunggulan di bidang riset dan penelitian, sebagian besar dari kajian tersebut memiliki kaitan erat dengan urusan pembangunan daerah.”

Dia menyoroti bahwa Gubernur Sumbar, Mahyeldi, sangat memahami pentingnya peran perguruan tinggi dalam mendukung pembangunan daerah, dan oleh karena itu, Gubernur mendorong agar komunikasi dan koordinasi antara dua belah pihak dapat terus terjaga dengan baik.

“Harmonisasi dan sinergitas kedua unsur ini mesti terjaga demi kelangsungan pembangunan yang tepat sasaran di Sumbar. Sebab, akademisi memiliki kajian, sementara pemerintah memiliki kebijakan pembangunan,” jelasnya.

Hansastri juga menyebut bahwa dalam sejumlah kegiatan strategis seperti penurunan stunting, pemerintah daerah melibatkan perguruan tinggi agar kebijakan dalam penanganannya dapat lebih tepat sasaran.

Baca Juga  Penyuluhan Pencegahan Perundungan: Bapas Bukittinggi Bertindak

Dalam konteks Rakornas AST-PTMA 2023, Sekda Hansastri berharap bahwa kegiatan tersebut akan menghasilkan rekomendasi yang akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di perguruan tinggi yang tergabung dalam asosiasi ini, yang pada akhirnya akan mendukung upaya pembangunan daerah.

Selain itu, Hansastri melihat bahwa kegiatan tersebut juga bisa menjadi wadah untuk mempererat silaturahmi antara para pimpinan seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk memperkuat kerja sama antara perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah. Melalui pertemuan ini, kita dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif yang akan mendukung pengembangan sains dan teknologi di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga  Agam Bangun Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Riki Saputra, juga menekankan bahwa acara Rakornas AST-PTMA 2023 tersebut diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi konstruktif dalam menghadapi tantangan di bidang sains dan teknologi. Acara ini akan berlangsung selama lima hari.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *