BPRS Jam Gadang Bukittinggi Meraih Tiga Penghargaan Bergengsi dari Infobank Award 2023

Penghargaan
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menerima penghargaan dari Info Bank.

Jakarta – Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Jam Gadang Bukittinggi, Sumatera Barat, kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih tiga penghargaan bergengsi dalam Infobank Award 2023. BPRS Jam Gadang dipilih sebagai BPR syariah terbaik di seluruh Indonesia dengan prestasi kinerja ‘Sangat Bagus’, sebagaimana diakui oleh Majalah Infobank.

Penghargaan-penghargaan bergengsi ini secara resmi diserahkan oleh Chairman Infobank Media Group, Eko B Supariyanto, kepada Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam acara Infobank 12th Sharia Award 2023 yang berlangsung di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Rabu malam, 27 September 2023.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dengan bangga menyambut penghargaan tersebut dan menganggapnya sebagai bukti nyata komitmen serta kerja keras seluruh tim BPRS Jam Gadang dalam menjalankan operasional bisnis perbankan.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan BPRS Jam Gadang dapat terus berkembang. BPRS Jam Gadang adalah aset milik Pemerintah Kota Bukittinggi yang harus dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ucap Erman pada Kamis, 28 September 2023.

Erman juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2017, BPRS Jam Gadang beroperasi dalam bentuk konvensional. Namun, setelah kesepakatan dari seluruh komisaris, BPRS ini sukses bertransformasi menjadi BPR Syariah.

Dengan kerja yang baik dan dukungan dari pemerintah, BPRS Jam Gadang telah tumbuh dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Bukittinggi.

“Ini sangat penting untuk mencapai kinerja baik sebuah bank yang sahamnya dimiliki oleh pemerintah. Alhamdulillah, ini adalah prestasi yang membanggakan, dan nama BPRS Jam Gadang kini terpampang sebagai BPRS terbaik di Indonesia dalam Info Bank,” ujar Wali Kota Erman, satu-satunya pembicara ketika menerima penghargaan.

Baca Juga  Bupati Kotim Beri Penghargaan Tinggi ke Warga, untuk Melestarikan Seni Budaya Lokal

Tiga penghargaan yang diraih oleh BPRS Jam Gadang Bukittinggi adalah sebagai berikut:

Excellent Financial Performance Sharia Rural Bank in 2022. Penghargaan ini mencerminkan penilaian positif berdasarkan kriteria-kriteria seperti profil risiko, tata kelola perusahaan yang baik, rentabilitas, permodalan, efisiensi, dan pertumbuhan.

The Best Financial Performance Sharia Rural Bank in 2022 (Kelas aset IDR 50 miliar hingga <IDR 100 miliar). Penghargaan ini diberikan kepada kelompok BPRS dengan aset antara Rp50 miliar hingga di bawah Rp100 miliar. Dalam kategori ini, BPRS Jam Gadang memenangkan posisi pertama dengan skor total 99,68, mengalahkan 20 BPRS lainnya yang juga meraih predikat ‘Sangat Bagus’.

The Best of The Best Financial Performance Sharia Rural Bank in 2022. Penghargaan ini diberikan kepada BPRS terbaik dari seluruh kategori penilaian. Dari 160 BPRS yang dinilai di berbagai tingkatan permodalan, BPRS Jam Gadang meraih nilai tertinggi, sehingga dinobatkan sebagai BPRS terbaik ‘Best of the Best’.

BPRS Jam Gadang memulai operasinya secara syariah pada pertengahan 2021, dan Feri Irawan, Direktur Utama BPRS Jam Gadang, berhasil memimpin bank ini mencatatkan kinerja positif di tahun 2022.

Dalam lima aspek penilaian, yaitu permodalan, aktiva produktif, rentabilitas, likuiditas, dan efisiensi, BPRS ini mendapatkan nilai sempurna dalam aspek permodalan, likuiditas, dan efisiensi.

Feri Irawan menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari keberhasilan BPRS Jam Gadang sebagai yang terbaik dalam kategori BPRS dengan aset antara Rp50 miliar hingga di bawah Rp100 miliar.

Baca Juga  Erling Haaland dan Pep Guardiola Raih Penghargaan Terbaik UEFA 2022/2023

Keberhasilan ini juga berkat dukungan dari berbagai pihak, termasuk para pemegang saham, karyawan, dan nasabah. Hal ini juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pertumbuhan BPRS Jam Gadang setelah berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Feri juga menambahkan bahwa modal inti BPRS Jam Gadang tumbuh sebesar 44,65% di tahun 2022 menjadi Rp11,47 miliar. Dengan peningkatan ini, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) juga meningkat dari 33,89% di tahun 2021 menjadi 34,51% di tahun 2022. Likuiditas BPRS Jam Gadang juga terjaga baik, dengan rasio financing to deposit ratio (FDR) mencapai 90,04%, didukung oleh pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 14,38% menjadi Rp48,15 miliar.

Dalam hal efisiensi, BPRS Jam Gadang masih mempertahankan posisi yang baik, dengan rasio BO/PO meningkat dari 76,90% di tahun 2021 menjadi 80,57% di tahun 2022. Dengan pertumbuhan laba yang mencapai 115,24% menjadi Rp1,21 miliar, rasio pengembalian aset atau return on asset (ROA) mencapai 2,44%, yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 1,25%.(des)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *