Pemdes Gunung Kembang Aktifkan Posbindu, Warga Sambut Bahagia

Pemeriksaan kesehatan lansia di Posbindu bentukan Pemdes Gunung Kembang.

Bengkulu Selatan, fajarharapan.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Kembang, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu menggalakan kegiatan pemberdayaan tingkat Lansia atau disebut Pos Binaan Terpadu (Posbindu).

Posbindu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu

Kepala Desa Gunung Kembang, Robit Ampir mengatakan, pemdes membentuk kader Posbindu guna memudahkan mendeteksi kesehatan lansia di desa tersebut. “Saya senang melihat orang tua kami sehat bisa beraktivitas kembali,” ujar Robit kepada fajarharapan.id, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga  Tim SAR Lanjut Cari 2 Bocah yang Hanyut di Kali Ciliwung Pagi Ini

Menurutnya, tenaga medis yang didatangkan dari Puskesmas dan dibantu bidan desa bersama perawat desa. Dalam kegiatan itu rutin dilakukan setiap bulan satu kali, tujuannya supaya mudah untuk mendeteksi perkembangan kesehatan para lansia di Desa Gunung Kembang. 

Posbindu ini di periksa kesehatannya dan diberikan obat-obatan sesuai kebutuhan para lansia yang menjadi keluhan penyakit mereka. Tak luput juga pemberian asupan makanan bergizi seperti roti, susu, kacang ijo, kedelai dan sebagainya.

Baca Juga  Ketua DPRD Sumbar Terkejut, Anak Kurang Gizi di Payakumbuh Masih Banyak

Martini salah seorang lansia mengikuti mendapat kesempatan berobat ke Posbindu itu menceritakan penyakit yang beliau deritanya sudah komplit. “Kalau saya sebutkan semua penyakit banyak maklumlah sudah tua. Tapi sejak ada perawat desa dan bidan desa sangat membantu kami selaku lansia. Kami diobati secara gratis, dikasih asupan makanan dan minuman secara cuma-cuma. Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah desa,” tutup nenek ini. (sugianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *