Media Diharapkan Berperan Edukasi Masyarakat Soal Pentingnya Perlindungan Tenaga Kerja

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Pasaman, Muhammad Yasir Ginting

Pasaman, fajarharapan.id – Semua stakeholder terkait diharapkan ikut memainkan peran untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang betapa pentingnya perlindungan bagi para tenaga kerja (naker).
“Termasuk media massa, juga diharapkan kontribusinya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujar Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pasaman, Muhammad Yasir Ginting.
“Baik pekerja penerima upah atau yang bukan sebagai penerima upah berhak mendapatkan perlindungan sosial sebagaimana yang diatur oleh undang-undang,” kata Yasir kepada fajarharapan.id di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Selasa (11/4/2023).
Dikatakan Yasir, dengan sejumlah perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan diharapkan akan menimbulkan rasa aman dan nyaman bagi pekerja dalam melakukan aktivitas di bidang kegiatan masing-masing.
“Rasa aman dan nyaman itu kan erat kaitannya dengan tingkat produktifitas,” kata Yasir, yang baru sejak Senin (10/4/2023) kemarin menjabat sebagai Kepala KCP BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Pasaman.
Dijelaskan Yasir, bila seorang naker memiliki perlindungan sosial diyakini akan merasakan dampak psikologis yang baik bagi kejiwaannya, yang berkorelasi terhadap peningkatan produktifas kerja.
“BPJS Ketenagakerjaan akan memberi jawaban terhadap persoalan seperti itu,” kata Yasir.
Melalui program asuransi kecelakaan kerja dan asuransi kematian, dijelaskan Yasir, para pekerja akan mendapatkan haknya berupa santunan dengan nilai nominal tertentu bila mengalami kecelakaan kerja atau meninggal dunia.
“Kecelakaan kerja atau meninggal dunia bukan suatu yang dikehendaki,” kata Yasir.
Tapi ia juga mengingatkan, kecelakaan kerja dan meninggal dunia merupakan suatu peristiwa yang di luar batas kemampuan manusia. “Tugas kita hanya mempersiapkan diri untuk itu,” katanya. (spa)

Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Singgah Saur di Rumah Erlina,Terimakasih Pak, Saya Tidak Makan Mie Lagi Malam Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *