UM Sumbar, Terus Bernah Diri, Meningkan Prasrana Pendidikan



.

Padang, FajarHarapan .Id – Hasil penelitian dosen Universitas Muhamadiah Sumatera Barat (UM Sumbar Tahun 2022, termasuk katagori terbaik dan terbanyak lolos dalam melakukan penelitian dari seluruh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dilingkungan LLDIKTI Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.

Komitmen UM Sumbar ini cukup besar, baik untuk mendukung penelitian maupun kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat, ujar Wakil Rektor UM Sumbar Dr. MURSAL. M.A.g.

Wr II UM Sumbar Dr. MURSAL. M.A.g mengemukan hal itu, didampingi Kepala UPT Humas Promosi dan PMB
Hendri Novigator, S.Psi.I. M.Pd kepada awak media di Kampus UM Sumbar Jalan Pasir Kandang Koto Tangah Padang, Selasa,(18/04/2023).

Menurutnya, untuk mendukung kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi itu, UM Sumbar Tahun 2022 mengalokasikan dana Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat termasuk untuk  HAKI dan lainya sebesar Rp200 Juta.

Tak hanya itu, namun Pascasarjana  UM Sumbar, juga telah memperoleh Akredit unggul.

“Alhamdulilah, terkait penelitian dosen UM Sumbar ini pada 3 Tahun lalu di Sinta Science and Technology Index, berada pada rengking 800 dan Tahun 2023 ini meroket menjadi rengking 200,” ucapnya.


Kami dari pimpinan UM Sumbar mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kawan- kawan media yang selama ini telah banyak membantu dan mempublikasikan berbagai kegiatan UM Sumbar, ucapnya.
Baca Juga  Buka Sosialisasi Penguatan Nilai-nilai Kepahlawanan, Sekda Dafrul Pasi Ingatkan Anak Muda Dengan Kebiasaan Hedonisme dan Circle-Circle

Lebih lanjut Mursal mengatakan, kendati Pascasarna UM Sumbar telah memperoleh akreditasi unggul,  namun kita terus mendorong program studi (prodi) lainya, agar memperoleh akreditasi unggul, meskipun masih ada  beberapa prodi yang sedang dalam proses menuju akreditasi unggul.

Menyinggung prodi yang dimiliki UM Sumbar, kata Mursal, baru 27 prody dengan 12 Fakultas yang tersebar, baik pada kampus Pusat Jalan Pasir Kandang Padang, kampus Padang Panjang dan Bukittinggi maupun kampus Payakumbuh.

Sementara, prodi yang paling diminati Mahasiswa UM Sumbar, yakni masih didominasi oleh prodi Hukum dan Teknik, kemudian dalam 2 Tahun terakhir ini menyusul prodi kesehatan, ekonomi dan FAI menunjukan grafik yang cukup signifikan.

“Dalam usaha mewujudkan program yang direncanakan itu,  UMSB terus melakukan pembenahan, seperti sarana dan prasarana perkuliahan, prodi yang unggul, kemudian peningkatan jenjang pendidikan dosen dari S II ke S III bahkan mendorong 3 orang dosen UM Sumbar untuk bisa meraih gelar professor,” ujar Mursal.

Selain itu, kepada dosen yang penelitiannya berhasil terindeks pada jurnal internasional diberikan reward

Dengan demikian kami terus mendorong dosen agar bisa meraih dana hibah penelitian yang terbuka, baik dari pemerintah, perserikatan maupun dari internal kampus.

Dengan adanya penelitian dan dipublikasi pada jurnal terindek, tentu akan membuat eksistensi dosen semakin baik dan  berdampak pada akreditasi kampus secara umum.

Baca Juga  Sekda Dafrul Pasi : Perencanaan Anggaran Tidak Bisa Lahir Di Tengah Jalan

Mursal menyebutkan, keberadaan UM Sumbar telah mendapat perhatian yang cukup besar dari masyarakat baik dari dalam Provinsi maupun dari luar Provinsi Sumatera Barat.

Hal ini terbukti, dalam bulan April 2023 ini, generasi milenial yang ingin melanjutkan pendidikan melalui UM Sumbar lebih kurang 500 orang yang telah melakukan pendaftaran.

Dikonfirmasi FajarHarapan.Id, terkait target jumlah mahasiswa baru UM Sumbar tahun Akademik 2023/2024,  diharapkan bisa mencapai 2.000 orang.

“Namun hal ini harus dilakukan melalui berbagai upaya yang terbaik, sehingga target yang diharapkan bisa tercapai” harapnya.

Di UM Sumbar, juga ada mahasiswa internasional yang ikut dalam program belajar, yakni dari Yaman. “Hal ini agar terus menjadi peningkatan, dengan adanya mahasiswa asing, sehingga  menjadikan UM Sumbar sebagai kampus yang layak untuk melanjutkan pendidikan bagi semua kalangan,” tutup MURSAL.

Sementara itu, Kepala UPT Humas Promosi dan PMB
Hendri Novigator mengatakan, generasi muda yang ingin kuliah di UM Sumbar pendaftaran PMB Gelombang Pertama telah dibuka sejak 15 Desember 2022 dan berakhir 10 September 2023.

Calon mahasiswa juga bisa klik ini :

https://pmb.umsb.ac.id/.(RDz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *