Pemko Payakumbuh Gelar Apel Siaga Pemilu 2024 Terhadap ASN

Payakumbuh, fajarharapan.id – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh gelar Apel Siaga Bersama bertempat di Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (12/01/2024).

“Kami berharap bapak dan ibu dapat berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi tahun 2024 ini,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman ketika bertindak sebagai pembina apel di awal amanatnya.

Dalam apel yang turut dihadiri oleh Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, dan segenap ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh tersebut, Jasman mengimbau agar ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh tidak terlibat langsung dalam kontestasi pemilihan umum kali ini.

“Saya tak akan bosan mengingatkan kepada Bapak dan Ibu perihal netralitas ASN. Kalau ada keluarga kita yang ikut kontestasi silahkan saja, tapi jangan sampai kita ikut terlibat langsung dalam proses kampanye baik langsung ataupun tak langsung, apalagi sekarang adalah masa tenang,” jelasnya.

“Kita patut bersyukur, suasana menjelang tanggal 14 Februari relatif aman, karena warga kota Payakumbuh adalah warga yang cerdas berdemokrasi sehingga berdampak dengan kondisi yang relatif stabil dan kondusif,” ujarnya.

Baca Juga  Pj Wako Jasman : Bersyukur Loka POM Menjadi Balai POM Payakumbuh

Jasman mengimbau kepada ASN di Pemko Payakumbuh untuk bersama-sama menjaga suasana agar senantiasa kondusif.

“Sudah semestinya kita menjadi penyejuk bagi masyarakat, bapak dan ibu adalah role model dalam menjaga stabilitas pemilu 2024 ini,” imbuhnya lagi.

Lebih lanjut Jasman kembali menegaskan agar seluruh ASN untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan agar ASN mengajak seluruh keluarga yang punya hak pilih untuk berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya di TPS, termasuk mengajak seluruh tetangga dan masyarakat sekitarnya untuk mencoblos ke TPS

“Kepada seluruh pejabat, ASN, saya minta agar menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat untuk berdemokrasi dengan baik, termasuk jadi contoh menggunakan hak pilihnya. Ajak masyarakat, tetangga, keluarga untuk berbondong-bondong ke TPS menggunakan hak pilihnya, jangan jadi golput. Dengan menggunakan hak pilih dengan benar, artinya kita ikut menentukan pemimpin dan wakil kita. Ingat, masa depan bangsa ini tergantung dari partisipasi aktif semua masyarakat di TPS nantinya” imbuh Jasman di hadapan peserta apel dengan semangat.

Kemudian, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya potensi pelanggaran pemilu, diantaranya kemungkinan adanya dugaan politik uang menjelang hari H pemilu, Jasman menegaskan kepada seluruh ASN agar menolak segala bentuk politik uang.

Baca Juga  Pj Wako Jasman Minta Jajarannya Untuk Sukseskan Pemilu

“Potensi pelanggaran perlu kita waspadai diantaranya kemungkinan dugaan adanya politik uang. Mari tolak politik uang, apapun bentuk dan caranya. Bapak dan ibu bertanggungjawab penuh terhadap kesuksesan pemilu, baik diminta maupun tidak diminta. Tapi saya yakin, mudah-mudahan di Kota Payakumbuh tidak akan terjadi pelanggaran pemilu seperti itu,” tegasnya.

“Pemilu adalah hajat demokrasi kita bersama, oleh karena itu jadilah abdi masyarakat yang baik, jadilah abdi pemerintah yang baik. Mari kita sukseskan Pemilu 2024 dengan cara yang baik pula,” tutupnya. (zik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *