Di KPPN Solok, Pemkab Solok Tercepat Selesaikan Rekonsialisasi Pajak Pusat 

Padang, fajarharapan.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok menjadi daerah yang tercepat dalam menyelesaikan rekonsiliasi pajak pusat untuk pemerintah daerah di wilayah kerja KPPN Solok. Hal ini juga menobatkan daerah itu tercepat kedua untuk wilayah Provinsi Sumatra Barat setelah Kota Payakumbuh.

Hal itu disampaikan Kepala KPPN Solok, Ika Sari Heniyatun dalam sambutannya saat membuka kegiatan Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi atas Penyetoran Pajak Pusat Semester II Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan di aula KPPN Solok, Rabu (31/1/2024).

Perempuan yang akrab disapa Heni itu mengatakan, Berita Acara Rekeonsiliasi ini nantinya merupakan syarat penyaluran untuk Dana Bagi Hasil Pajak Bumi dan Bangunan serta Dana Bagi Hasil Pajak Penghasilan. “Diharapkan dengan telah tersampaikannya syarat penyaluran ini, akan mempercepat proses verifikasi di tingkat pusat dan penyaluran DBH PBB (dana bagi hasil pajak bumi dan bangunan-Red) dan DBH PPh (dana bagi hasil pajak penghasilan-Red),” sebutnya.

Baca Juga  Mardison Mahyuddin ; Jadikan Pesantren Ramadhan Mendekatkan Diri Kepada Ajaran Allah SWT

Pada kesempatan itu, Heni juga mengapresiasi dan berterimakasih atas kinerja Pemerintah Kabupaten Solok yang telah bersinergi mengawal penyaluran Transfer ke Daerah (TKD) dan penyetoran pajak pusat pada tahun 2023. Transfer ke Daerah terangnya adalah dana yang bersumber dari APBN.

Dana itu dialokasikan dan disalurkan kepada daerah untuk dikelola oleh daerah dalam rangka mendanai penyelenggaraan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah.Pemerintah Kabupaten Solok pada tahun 2023 lanjutnya mendapat alokasi Transfer ke Daerah sebesar Rp1.097.077.467.000. Dana itu telah terealisasi sebanyak 99,19 persen atau sebesar Rp1.088.212.955.000. Untuk pemerintah daerah (pemda) pada wilayah kerja KPPN Solok, Kabupaten Solok merupakan penerima alokasi dana tertinggi pada tahun 2023.

Baca Juga  Densus 88 Tangkap 6 Teroris di Lampung dan Sumsel, Bertugas Sembunyikan DPO

Dari sisi penerimaan negara, tercatat Pajak Pusat yang dipungut atau dipotong dan disetorkan ke kas negara pada Semester II (Juli-Desember) Tahun 2023 pada Pemerintah Kabupaten Solok sebesar Rp 37.245.070.197 yang terdiri dari PPh 21, PPh 22, PPh 23, PPh pasal 4 (2), PPN, PPN BM Dalam Negeri, dan PPN Impor.

Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi atas Penyetoran Pajak Pusat Semester II Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Solok dilakukan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Solok, Indra Gusmady SE.M.Si., Kepala KPP Pratama Solok, Irwan Eka Putra, dan Kepala KPPN Solok, Ika Sari Heniyatun. Kegiatan itu disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, S.Sos, M.Si. (yuni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *