Pemko Payakumbuh Raih Penghargaan Kota Sehat Swastisaja Wistara Dari Menteri Kesehatan RI

Payakumbuh, fajarharapan.id – Pemerintah Kota Payakumbuh berhasil meraih Penghargaan Kota Sehat kategori Swastisaba Wistara dari Kementerian Kesehatan bersama 27 Kabupaten dan Kota lainnya se-Indonesia di Kempinsky Grand Indonesia Ballroom Jakarta, Selasa (28/11/2023).

“Alhamdulillah hari ini (Selasa) Kota Payakumbuh berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman, Selasa (28/11/2023) malam.

Penghargaan bergengsi di bidang kesehatan tersebut diserahkan pada Malam Anugerah Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Award 2023.

Pemberian penghargaan juga disaksikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi didampingi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi.

Ia mengatakan bahwa predikat Wistara merupakan predikat tertinggi dalam penghargaan kota sehat dan penghargaan tersebut sempat lepas dari Kota Payakumbuh pada tahun 2021.

“Setelah lepas pada 2021 kali ini kita mendapatkan kembali menerima penghargaan yang merupakan predikat tertinggi Kota Sehat. Alhamdulillah ini merupakan yang ketujuh kali didapatkan Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Selanjutnya, Jasman juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi positif untuk mewujudkan Payakumbuh sebagai Kota Sehat.

“Penghargaan ini bukan tujuan, namun bonus dari seluruh kerjakeras semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Forkopimda, Forum Kota Sehat, Forum Kecamatan Sehat hingga forum kesrhatan kelurahan dan tentunya dukungan dari masyarakat Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Baca Juga  Gunung Semeru Erupsi Selasa Pagi, Ketinggian Abu Vulkanik 800 Meter di Atas Puncak

Jasman berharap agar penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk tetap menghadirkan Kota Payakumbuh sebagai Kota Sehat.

“Jangan lengah dengan penghargaan ini, kita harus terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kota Payakumbuh, ingat penghargaan hanya bonus dan yang paling utama memberikan yang terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianto mengatakan Kota Payakumbuh mendapatkan Penghargaan Kota Sehat kategori Swastisaba Wistara salah satunya karena Kota Payakumbuh telah bebas dari buang air besar sembarangan.

Setelahnya, saat ini Kota Payakumbuh telah memenuhi 9 tatanan penilaian kota sehat yakni tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat, tatanan industri dan perkantoran sehat, tatanan kawasan pariwisata sehat.

Selanjutnya, tatanan pertambangan sehat, tatanan hutan sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahan pangan dan gizi, dan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

“Alhamdulillah dari seluruh indikator tersebut Kota Payakumbuh angkanya sudah di atas 90 persen mendekati 100 perseb. Hal ini yang membuat kita berhasil Penghargaan Kota Sehat kategori Swastisaba Wistara,” katanya.

Baca Juga  Usai Sholat Idul Fitri 1444 H, Istana Maimun di Medan Ramai Dikunjungi Wisatawan

Ke depannya, Wawan berharap seluruh tatanan tersebut dapat ditingkatkan. Hal ini tidak hanya bergantung pada Dinas Kesehatan, namun juga seluruh OPD di Kota Payakumbuh.

“Penilaian kabupaten/kota sehat ini dilaksanakan selama dua tahun. Semoga di penilaian selanjutnya kita juga mendapatkan penghargaan,” ujarnya.

Untuk diketahui, terdapat sembilan daerah di Sumbar yang meraih penghargan kabupaten/kota sehat 2023 diantaranya enam daerah predikat wistara dan tiga predikat wiwerda.

Daerah penerima predikat wistara yakni Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kabupaten Pessel, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Dharmasraya. Sementara daerah di Sumbar peraih predikat wiwerda yaitu Kota Bukittinggi, Kota Padang, dan Kota Solok. (zik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *