Matangkan Persiapan, Pemko Payakumbuh Siap Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95

Payakumbuh, fajarharapan.id – Bulan Oktober disebut sebagai bulannya Pemuda. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, karna di tanggal 28 Oktober setiap tahunnya diperingati hari Sumpah Pemuda yang berlangsung di seluruh antero Nusantara. Tanpa terkecuali di kota Payakumbuh, peringatan hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 yang akan dihelat nantinya di pelataran lapangan kantor walikota Payakumbuh akan dipersiapkan.

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) sebelum peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar, persiapan untuk mensukseskan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 dilaksanakan di ruang kerja Asisten I Walikota bidang pemerintahan dan kesra, Senin (23/10/2023) siang.

Bertindak memimpin rapat, Kepala Disparpora Nofriwandi yang didampingi kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Barlius, rapat persiapan diikuti OPD teknis, instansi terkait dan organisasi kepemudaan di kota Payakumbuh.

Untuk mensukseskan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, Nofriwandi menegaskan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini harus dapat dikemas dengan menarik. Sehingga nilai-nilai peringatan tersebut dapat tersalurkan kepada para generasi muda. Dimana perjuangan para pemuda pada zaman dulu terus dilanjutkan oleh generasi millenial saat ini.

Baca Juga  PLB 2023 Sukses, Ratusan Pengunjung Memukau Menyaksikan Karya Desainer Lokal

“Sekarang ini pengaruh cukup besar khususnya dari kemajuan teknologi. Tentu kita harus dapat menangkal pengaruh yang sifatnya ke arah negatif,” tegasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara Sumpah Pemuda juga akan diisi dengan penampilan puluhan putra-putri daerah yang mengenakan pakaian adat nusantara. Mereka dipilih dari para generasi muda, baik dari para pelajar maupun organisasi kepemudaan seperti Purna Paskibra Indonesia (PPI). Begitu juga dengan para petugas upacara yang nantinya akan ditetapkan dalam pertemuan teknis guna memantapkan gelaran peringatan hari Sumpah Pemuda.

“Alhamdulilah, persiapan ini sudah disepakati, dan tinggal nanti kita akan menggelar gladi persiapan di satu, dua hari sebelum pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda ke 95 dihelat,” katanya.

Nofriwandi berharap, panitia yang dilibatkan dalam pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, baik dari OPD maupun organisasi dapat bersama-sama menyukseskan peringatan yang mengenang sejarah para pemuda Indonesia tersebut.

Baca Juga  Razia Pasangan Mesum di Mojokerto, Petugas Temukan Remaja Bukan Suami Istri dalam Kamar Kos

Untuk diketahui, dari hasil kesepakatan bersama, peringatan hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 akan diikuti Mahasiwa/Mahasiswi dari setiap perguruan tinggi, perwakilan siswa/siswi SMA, serta dari organisasi kepemudaan sebanyak masing-masing satu peleton (21 orang) dan organisasi masyarakat yang diutus sebagai peserta upacara yang akan dipimpin langsung Pj. Walikota selaku pembina upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023. (zik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *