Peringatan Compos Day di Kota Pariaman

Dinas Perkim LH Kota Pariaman melakukan gotong royong memilah sampah organik dan plastik dalam rangka Peringatan Compos Day Nasional, di Balai Bareh, Pariaman Utara, Minggu 26 Februari 2023 (foto.dok.mcp)

Kota Pariaman – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman, melakukan gotong royong bersama sekaligus pemilahan sampah dan pembuatan kompos di Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Balai Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Minggu (26/2/23).

Kepala Dinas PerkimLH Kota Pariaman, Feri Andri kepada Tim Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman menyebutan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun perihal Gerakan Nasional Compos Day – Kompos Satu Negeri.

Baca Juga  Timnas Indonesia Berjuang di SEA Games 2023, Erick Thohir Kirim Pesan Penting Ini

“Kegiatan Compos Day ini, dilakukan selama satu hari pada hari Minggu (26/2/23) secara serentak di seluruh Indonesia termasuk kita Kota Pariaman” ungkapnya.

Feri Andri juga menjelaskan, kita akan melakukan pemilahan sampah dari masyarakat baik sampah rumah tangga, warung dan tempat umum lainnya untuk dijadikan pupuk organik.

“Selain itu, kita juga mengajarkan kepada masyarakat untuk memilah sampah, mengumpulkan serta melakukan  pengolahan sampah yang langsung dilakukan di TPS3R Balai Naras ini” terangnya.

Baca Juga  Gencar Sosialisasikan Kesetaraan Gender, DP3AP2KB Hadir di Kelurahan Sapaku

Ia juga menyebutkan, sampah merupakan tanggung jawab kita semua. Untuk itu, perlu ditangani secara bersama-sama, supaya lingkungan bersih dan nyaman di tempat kita masing-masing maupun pada instansi lainnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum yang baik untuk menuntaskan masalah sampah di Indonesia, khususnya Kota Pariaman dengan partisipasi aktif dari masyarakat” tegasnya mengakhiri.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kadis PerindagKop Alyendra, Kalaksa BPBD Azman, Kepala BPKPD Buyung Lapau, Plt. Kadis PUPR dan Pertanahan Nopriyadi Syukri dan Plt. Kadis DPMDes Yalviendri. (mc/co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *