Muswil VI Asperindo, Audy Joinaldy : Dukung Perluasan Pasar Bagi UMKM Sumbar

.

Bukittinggi, FajarHarapan.Id – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Sumatera Barat menggelar Musyawarah Wilayah VI di Bukittinggi, Selasa (28/02/2023). 

Turut hadir pada Muswil VI tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Staf Ahli Gubernur Jasman Rizal, Ketua Umum DPP Asperindo Feriadi, serta ketua-ketua DPW Asperindo Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Memberikan sambutan, Wakil Gubernur mengatakan Asperindo berkaitan erat dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yaitu meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/ menengah serta ekonomi berbasis digital.

Sebagai asosiasi pergerakan logistics di Indonesia dengan potensi menggerakkan uang yang cukup banyak dan kemampuan mengkoneksikan Sabang sampai Merauke, Asperindo menurut Wagub dapat mendukung perluasan pasar bagi UMKM yang ada di Sumatera Barat.

Baca Juga  Sejak Diberlakukan Tilang Elektronik,Terpantau12.000 Kendaraan Melanggar Lalulintas.

“Potensi dan peluang Sumatera Barat amat sangat besar. Ke depan mungkin bisa kita bangun juga MoU antara Pemprov Sumbar dengan Asperindo. Bisa juga dilanjutkan dengan kerjasama di tingkat Kota dan Kabupaten,” ujar Wagub.

Ketua Umum DPP Asperindo, Feriadi mengungkapkan pihaknya telah menjadi mitra strategis berbagai institusi pemerintah dalam hal logistik. Sinergi dan kolaborasi serupa juga Ia harapkan dapat terjalin dengan Pemprov Sumbar.

“Asperindo dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam memberikan support dan mendukung produk UMKM Sumatera Barat agar dapat dipasarkan lebih luas lagi ke luar Sumbar,” ungkap Feriadi.

Feriadi melanjutkan, Sebagai sebuah asosiasi, Asperindo mengemban tugas dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Khususnya dengan semakin majunya teknologi transaksi perdagangan secara online. 

Baca Juga  Amiruddin, Wakil Ketua PWI Sumbar jadi Pemateri di HPN 2023

Oleh karena itu ia mengatakan Asperindo juga terus melakukan peningkatan teknologi untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat, baik dari segi kecepatan, keamanan, maupun pencatatan data dan informasi pengiriman logistik.

Saat ini Asperindo beranggotakan kurang lebih 350 perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan ekspedisi. Asosiasi ini diperkirakan mengelola potensi pergerakan logistik dengan mencapai 40 triliun rupiah.

Pada Muswil VI Asperindo Sumbar itu, selain memilih kepengurusan baru Dewan Pengurus Wilayah, Ketua Umum DPP Asperindo ini juga melantik kepengurusan Asperindo Bukittinggi periode 2023-2027, yang merupakan DPD pertama di Sumatera Barat.

(Pemprov. Sumatera Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *