Sekda Prov Ingatkan, Pentingnya Singkronisasi Perencanaan Provinsi dan Kabupaten/Kota

.

Padang, FajarHarpan.Id – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekda Prov. Sumbar), Hansastri mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengevaluasi perencanaan dari tahun ke tahun, agar pemerintahan dapat berjalan efektif dan efesien untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintahan itu harus adaptif dan inovatif jangan statis. Program dan kegiatan yang tidak bermanfaat harus dievaluasi. Bagaimana caranya, itu sudah tertuang dalam Permendagri 86 tahun 2017. OPD tinggal mempedomani,” Tegas Sekda Prov pada saat membuka acara Forum Perangkat Daerah Lingkup Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat (Sumbar) di Aula Kantor Gubernur, Selasa (28/2/2023).

Ia menilai, acara ini sangat penting sebagai wadah untuk menampung masukan dari berbagai pihak, salah satunya dari kabupaten/ kota, dimana nanti hasilnya akan dimanfaatkan untuk penyusunan rencana kerja Sekretariat Daerah tahun 2024.

Baca Juga  Persija Jakarta Unggul 2-1 atas RANS Nusantara FC di Babak Pertama

Menurutnya, program dan kegiatan OPD ditingkat provinsi dan kabupaten/ kota harus singkron, agar dapat berjalan optimal dan saling melengkapi. Sekda Prov juga mengingatkan, dalam membuat sebuah perencanaan itu harus mempedomani aturan yang ada dan berorientasi terhadap kesejahteraan masyarakat serta sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah dan panjang.

“Tidak akan ada pekerjaan yang baik tanpa adanya perencanaan yang baik dan tidak ada perencanaan yang baik tanpa adanya pemetaan masalah yang akurat, itulah yang  seharusnya menjadi dasar berpikir Bapak Ibu dalam membuat sebuah perencanaan program kerja,” ujar Sekda.

Pemerintahan itu harus inovatif dan berorientasi kesejahteraan masyarakat, sehingga citra lembaga pemerintahan yang selama ini terkesan lamban dan statis, secara perlahan dapat diubah.

Baca Juga  Pemko Payakumbuh Diapresiasi Tim Penilai Kinerja Stunting Berkat Tiga Inovasi Ini

Kegiatan Forum Perangkat Daerah tersebut berlansung mulai dari tanggal 28 Februari hingga 1 Maret 2023 yang diikuti oleh lebih kurang 300 peserta dari Sekretariat Daerah dilingkup provinsi dan kabupaten/ kota se Sumbar.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov Sumbar, Maifrizon menyebutkan sinergitas antara sekda Prov. Sumbar dengan Sekda Kabupaten/ kota menjadi target dari penyelenggaraan acara tersebut baik dari segi perencanaan maupun dalam pelaksanaan.

“Kita akan sinergikan mulai dari perencanaan sampai kepada pelaksanaan, semoga seluruh peserta dapat mengoptimalkan momentum ini,” ucapnya.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh supaya apa yang direncanakan bisa menjadi solusi dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

(Pemprov. Sumatera Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *