Keunikan, Keindahan dan Keeksotisan Dunia ada di Mentawai



AKMAL
(Pemerhati Mentawai)


Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu daerah dari 19 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.


Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut nama asli geografisnya, yaitu Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kabupaten ini terdiri dari empat kelompok pulau utama yang berpenghuni, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Mayoritas empat pulau itu dihuni masyarakat suku Mentawai dan berbagai suku lainnya.

Selain empat pulau utama, kabupaten ini juga memiliki ratusan pulau-pulau kecil. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang dibagian paling barat Pulau Sumatera dan dikelilingi laut Samudera Indonesia, Selat Siberut, Selat Sanding dan Selat Mentawai.

Banyak yang telah datang ke Kepulauan Mentawai ini, baik untuk Surfing, Snorkling, Diving maupun menjelajahi hutan Mentawai. Namun belum semua yang menempuh lokasi-lokasi dibawah ini yang begitu unik, indah dan eksotis.

Ada tiga lokasi di Mentawai yang hanya ada satu-satunya di dunia, yaitu :

1. Batu Dinding Terpanjang
Batu Dinding yang salah satunya terpanjang di dunia ada di Mentawai. Batu Dinding yang sangat panjang (puluhan kilometer) itu terletak di Barat Daya Pulau Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai. Tepatnya antara Kecamatan Siberut Barat Daya dengan Kecamatan Siberut Barat.

Batu Dinding yang sangat panjang ini merupakan suatu keunikan alam yang salah satunya ada di dunia, yaitu di Mentawai.

Untuk menempuh dan melihat keunikan ini (Batu Dinding Terpanjang), kita akan melalui jalur laut Pantai Barat Mentawai yang butuh tantangan akan tingginya gelombang dan kencangnya angin beserta besarnya ombak Mentawai. Namun sewaktu-waktu ada cuaca yang tenang dan baik.

Hamparan Batu Dinding ini bagaikan Sea Wall yang terbentuk secara alami yang bisa menjadi penghambat apabila terjadi tsunami.

2. Kolam Laut Terluas.
Di Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, tepatnya dekat Dermaga Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara terdapat hamparan laut yang begitu luas. Hamparan laut ini kedalamnya rata-rata antara 1/2 sampai 2 meter. Pada dasar lautnya terlihat pasir putih dengan air lautnya yang bening.

Enaknya di sini, kita bisa berenang, snorkling dan diving. Lokasi ini masih alami untuk kita menikmati keindahan alam Mentawai yang dikelilingi Hutan bakau yang rimbun dan subur. Satu-satunya di dunia keindahan lokasi ini hanya ada di Mentawai.

3.Teluk Terluas yang seiring dengan Tanjung Terpanjang

Teluk terluas yang seiring dengan Tanjung Terpanjang di Dunia, lokasi ini hanya ada di Mentawai. Lokasinya terletak di Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Lokasi ini sangat eksotis, dimana di Teluknya terdapat laut yang dalam dan luas. Banyak lumba-lumba bermain di lokasi teluk ini. Selain dari itu, tanjungnya juga terpanjang dan terdapat danau kecil yang jarang ditempuh manusia, masih sangat alami untuk dinikmati.

Kalau kita sudah menempuh tiga lokasi itu, berarti kita sudah menikmati “keunikan, keindahan dan Keeksotisan” dunia yang hanya ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Tepat hari ini, Mentawai berusia 24 tahun (4 Oktober 1999 s-d 4 Oktober 2023). Selamat Hari Jadi. Semoga Mentawai makmur dan sejahtera, beserta jauh dari segala kejadian bencana, kecelakaan dan kondisi membahayakan manusia. Aamiin. (*)

Baca Juga  Komisi C DPRD Turlap Meninjau Embung Dareh Bulakan Limbukan Payakumbuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *