Ingatkan Kembali Pelestarian Cagar Budaya, Wagub Sumbar Sebut Akan Surati Kabupaten Kota

 

.

Padang, FajarHarapan.Id – Menyusul adanya perobohan cagar budaya Rumah Singgah Bung Karno di Padang beberapa waktu lalu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menyebut Pemprov Sumbar akan menyurati seluruh kabupaten/ kota untuk lebih memperhatikan dan mengingatkan kembali mengenai cagar-cagar budaya yang ada di wilayahnya.

“Nanti dari Pak Gubernur, kita akan bersurat ke kabupaten dan kota untuk mengingatkan kembali tentang cagar budaya ini,” ujar Wagub Audy Joinaldy.

Hal ini diungkapkan Wagub Audy usai bertemu pejabat Kantor Staf Presiden (KSP) bidang kebudayaan di Padang, Rabu (2/03/2023).

Baca Juga  Aktivitas Awan Panas Guguran Gunung Merapi Fluktuasi hingga Minggu Sore

Dikatakan Wagub, berdasarkan data dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat (BPCB), terdapat 736 cagar budaya tersebar di 19 kota dan kabupaten, tidak hanya rumah, ada juga stasiun kerata dan gedung-gedung peninggalan Belanda dan Jepang. 

Ia juga meminta BPCP untuk bisa membuat template penanda untuk inventarisasi cagar budaya. “Jadi kalau bisa ada templatenya, yang bisa menunjukkan ini adalah cagar budaya. Nanti kita pasang di seluruh cagar budaya, agar masyarakat juga tau,” ujarnya.

Baca Juga  Aksi Gila Mohammad Ahsan/Li Junhui saat Kalahkan Ganda Putra Terkuat China di Semifinal Liga Bulu Tangkis China 2023

Mengenai perobohan cagar budaya Rumah Singgah Bung Karno di Padang, Wagub mengaku menyayangkan peristiwa yang sudah terlanjur terjadi itu.

“Karena ini punya nilai historis, tentu kami menyayangkan. Tentu ada konsekuensinya, biarlah diurus oleh yang berwenang. Tapi saya dengar-dengar yang pemilik ingin membangun kembali rumah,” pungkas Wagub.

(Pemprov. Sumatera Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *