Pj Walikota Baru Jasman, Bertindak Inspektur Upacara Harsak Pancasila

Payakumbuh, fajarharapan.id – Hari pertama bertugas pada hari kerja, Penjabat Wali Kota Payakumbuh (baru, red) Jasman bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kesaktian (Harsak) Pancasila, sementara itu Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Armen Faindal sebagai pembaca ikrar di Halaman Balai Kota Payakumbuh, Senin (2/10/2023).

Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman mengatakan, saat ini seluruh negara di dunia tengah menghadapi tantangan yang tak terkira dari berbagai aspek kehidupan global.

Ada tantangan dari perubahan iklim, krisis pangan, krisis energi, resesi ekonomi, disrupsi teknologi, dan tak sedikit pula negara yang masih terseok-seok memulihkan diri dari dampak pandemi.

“Seberat apapun tantangan dan rintangannya, dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi, mari kita bergandeng tangan dan tetap bersatu menuju Indonesia maju,” kata Pj. Wako Jasman.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari dimana kita memperoleh kesempatan yang istimewa untuk memikirkan bagaimana Pancasila menjadi motor penggerak untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” tambahnya.

Baca Juga  33 Penghulu Kanagarian Aie Tobik Dikukuhkan

Mantan Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Barat itu menyebut, untuk membuat Pancasila menjadi motor penggerak dalam tindakan sehari-hari, perlu beberapa langkah konkret yang harus diambil, diantaranya:

“Mari kita tingkatkan pendidikan tentang Pancasila. Kemudian mari kita aktif dalam kegiatan sosial yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila, seperti kegiatan amal dan program kesejahteraan. Dan terakhir kita perlu mendorong program- program pembangunan ekonomi dan sosial yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Jasman berharap, pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum untuk melakukakn tindakan nyata dalam mewujudkan ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’ seperti tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini.

“Capaian prestasi di berbagai bidang merupakan cerminan dari semangat Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa untuk mewujudkan Indonesia Maju,” ujarnya.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila!
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu membimbing dan meredhai segala upaya dan usaha kita semua, Aamiin,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu Pj. Wako Payakumbuh Jasman juga menyerahkan penghargaan camat berprestasi tingkat Sumbar yang di raih oleh Camat Payakumbuh Utara Jhonny Parlin sebagai juara 1 (satu) Sumbar.

Baca Juga  Bimtek Aksi Konvergensi, Angka Stunting Kota Payakumbuh Turun 2,2% dari Tahun 2021

Kemudian sebagai peringkat 1 (satu) Sumbar untuk lomba LPM berprestasi yang diraih LPM Kelurahan Tiakar yang diterima oleh ketua LPM Tiakar Sepriyendi.

Dan penghargaan juara 3 (tiga) sumbar kategori kota untuk lomba kader posyandu atas nama Eri Syafriani.

Upacara tersebut diikuti oleh Forkopimda Kota Payakumbuh, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Instansi Vertikal serta tamu undangan lainnya. (zik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *