BPJS Ketenagakerjaan Sambut Baik Program Mengasuransikan 2.500 Pekerja Rentan di Pasaman

KCP BPJS Ketenagakerjaan Pasaman, Jonggi JM Panjaitan.

Lubuk Sikaping, fajarharapan.id – Jonggi JM Panjaitan, Kepala Cabang Pembantu (KCP) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pasaman, menyambut baik rencana 2.500 pekerja rentan di Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), diikutkan dalam program asuransi kecelakaan kerja dan kematian di BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita memang sudah melakukan serangkaian perundingan tentang itu dengan Pak Khairuddin,” kata Jonggi kepada fajarharapan.id di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Jumat (3/3).

Jonggi menyebut, perundingan tentang itu sudah matang. “Tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja lagi,” tambah Jonggi.

Khairuddin yang dimaksud Jonggi adalah Khairuddin Simanjuntak, anggota DPRD Sumbar dari Daerah Pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar), Sumbar.

Baca Juga  Suhendrizal ; Goro Thaharah Masjid Wujud Kepedulian Merajut Rasa Badunsanak

Sebelumnya Khairuddin menginformasikan, sebanyak 2.500 pekerja dari berbagai sektor yang termasuk kelompok rentan akan diikutkan dalam program pertanggungan asuransi kecelakaan kerja dan kematian di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pembantu Pasaman.

Menurut Khairuddin, premi untuk mengasuransikan ke-2.500 pekerja rentan itu diambilkan melalui dana pokok pikiran (pokir)-nya sebagai anggota DPRD Sumbar. “Diperkirakan diperlukan Rp500 juta untuk itu,” katanya. Setelah usulan itu dimasukkan di 2023, Khairuddin berharap pada tahun anggaran 2024 rencana mengasuransikan para pekerja rentan itu sudah bisa dilaksanakan.

Baca Juga  Kasus Pemerkosaan di Pinggir Tol Jakarta-Tangerang, Polisi Bekuk Pelaku

Menurut Jonggi, idealnya para pekerja yang tergolong rentan memiliki pertanggungan, baik kecelakaan kerja atau pun kematian, karena kedua hal itu sesuatu yang sulit dan tidak bisa diduga.

“Dengan pertanggungan, diharapkan para pekerja merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas harian karena sudah ada lembaga yang menanggungnya bila seketika dihadapkan kecelakaan kerja atau meninggal dunia,” katanya.

Jonggi mengapresiasi Khairuddin yang menjadikan kegiatan mengasuransikan para pekerja rentan dimaksukkan ke dalam pokok pikir (pokir)-nya sebagai anggota DPRD Sumbar.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian seorang wakil rakyat terhadap pekerja yang tergolong rentan,” tutupnya. (spa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *