Genius Umar Launching Imunisasi Polio Tingkat Sumbar

Walikota Pariaman Genius Umar mewakili Gubernur Sumbar pada Launching Crash Program Imunisasi Polio Tingkat Sumbar di Pariaman, Senin 6 Maret 2023 (foto.dok.mc)


Kota Pariaman
– Wali Kota Pariaman Genius Umar melaunching Crash Program Imunisasi Polio Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Pariaman, Senin (6/3/23).

Wako Genius umar yang mewakili Gubernur Provinsi Sumbar mengatakan latang belakang kita melaksanakan launching Crash Program Imunisasi Polio ini, karena telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) polio circulating Vaccine-Derived Polio Virus tipe 2 (VDPV2) di Kabupaten Pidie dan Biruen, Provinsi Aceh.

“Sehingga kita Provinsi Sumbar dan Riau sebagai daerah yang paling rawan tertular, membuat gerakan atau melaunching Crash Program Imunisasi Polio tahun 2023 tingkat Provinsi Sumbar” ungkap Genius Umar saat memberi arahan di Halaman Balaikota Pariaman.

Untuk Kota Pariaman, sebut Genius Umar bahwa akan melakukan lintas OPD dan lintas Forkopimda secara bersama-sama dalam satu minggu ini  melaksanakan imunisasi polio untuk seluruh anak di Kota Pariaman yang dimulai hari ini tanggal 6 s/d 13 Maret 2023 kedepan.

Baca Juga  Masyarakat Diminta Waspada Potensi Banjir Lahar Gunung Merapi

“Imunisasi polio diberikan untuk seluruh anak usia 0 s/d 59 bulan termasuk pendatang. Ada 600 anak yang menjadi sasaran untuk dilakukan imunisasi polio dengan harapan mencapai 95 persen” ulasnya.

Lebih Lanjut, Genius juga menyebutkan  tingkat imunisasi polio di Kota Pariaman tahun 2022 cukup rendah sekitar 37 persen, Sedangkan pada tahun 2021 mencapai 11 persen karena pandemi Covid-19.

Pada tahun ini, ungkap Wako Genius, kita harapkan imunisasi polio mencapai 95 persen karena polio sangat berbahaya. Kalau tidak melakukan imunisasi polio, menyebabkan anak-anak tersebut menjadi lumpuh permanen seperti di Provinsi Aceh.

“Hal ini, tentu kita tidak ingin terjadi di Kota Pariaman, maka semua kalangan baik Forkopimda, agama, pendidikan, kesehatan, kepala desa untuk mendukung imunisasi polio ini” tutupnya.

Baca Juga  PVMBG Masih Kaji Rencana Penurunan Status Siaga Gunung Karangetang

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Laila Yanwar mengungkapkan, Kota Pariaman dipilih menjadi tempat dilaunchingnya Crash Program Imunisasi Polio tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023. Karena, sukses dalam menangani masalah kesehatan.

“Hari ini, telah dicanangkan imunisasi polio pada semua kabupaten/kota di Provinsi Sumbar. Ini merupakan akibat adanya kasus di Provinsi Aceh. Namun, alhamdulillah di Provinsi Sumbar belum ada kasus polio ini” ucapnya.

Laila Yanwar juga menyebutkan, untuk menjaga anak-anak kita terhindar dari penyakit polio, yang diimunisasi anak-anak yang berusia 0-59 bulan. Untuk Provinsi Sumbar, anak-anak yang harus di imunisasi 512. 309 anak, dengan cakupan 95 persen.

“Selama satu minggu kedepan akan dilaksanakan imunisasi polio yang telah dimulai hari ini, 6 s/d 13 Maret 2023 kedepan” ujarnya mengakhiri. (mc/co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *