ARO YLPTK Padang Bangun Kampus II di Kawasan Anak Aia Koto Tangah Padang

.

Padang, FajarHarapan.Id –  Akademi Refraksi Optisi (ARO) Yayasan Lembaga Pendidikan Tenaga Kesehatan (YLPTK) Padang, sampai Tahun 2023 ini memiliki 200 orang mahasiswa yang masih aktif menjalani pendidikan, dengan jumlah dosen tetap 9 orang dan dosen luar biasa16 orang.


Sementara, alumni yang dihasilkan ARO YPTK Padang sampai Tahun 2023, berjumlah 900 orang Diploma Tiga (D III) Kesehatan Mata/Perkacamataan.

Dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki alumni itu, maka sebagian besar mereka selain berhasil mengisi formasi kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Rumah Sakit, Dinas Kesehatan dan (BKIM) di Indonesia, juga sebagai RO pada Optik di Mentawai, Kuala Tunggkal dan Optik besar di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Bahkan ada juga, sebagai RO pada Pabrik Kacamata dan Lensa Kontak Optik, penanggung jawab dalam pendirian Optik, jelas Direktur ARO YLPTK Padang Dr. Hajah. Alvia Wesnita. AMD. RO. SE. M.Pd kepada FajarHarapan.Id, Rabu (08/03/2023).

Menurutnya, kompetensi lulusan ARO yang disebut Ahli Madya Optometri (Refraksi Optisen) ini, mempunyai kompetensi sebagai penanggung jawab optikal, Layanan Perkacamataan, Rumah Sakit, BKIM dan Puskesmas.

Baca Juga  Barcelona Libas Real Betis, Pedri Dkk Lawan Real Madrid di Final Piala Super Spanyol 2023

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa, kata Hajah Alvia, ARO Padang, menjalin kerjasama dengan IACLE (Organisasi Tenaga Pengajar Lensa Kontak seluruh Dunia yang berpusat di Australia), PT Tunggal Jakarta untuk rekrutmen tenaga optometri.

Kemudian dengan LIPI untuk mengikuti workshop teknologi perkacamataan, Optik Melawai, PT Pertamina, Rumah Sakit Ibnu Sina Bukittinggi dan Pemda Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

Menyinggung keberadaan ARO Padang yang bernaung dibawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Hajah Alvia membenarkan, Akademi D III Kesehatan Mata/perkacamataan ini merupakan satu- satunya yang bernaung dibawah LLDIKTI Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri dengan Akreditasi B dari LAM-PTKes, SK Nomor : 0289/LAM-PTKes/Akr/Dip/V/2019.


Ia menambahkan, guna memberikan kesempatan pendidikan bagi generasi muda menjadi ahli madya optometri, ARO Padang Tahun Akademik 2023/2024 membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan pendaftaran melalui tiga gelombang.
Baca Juga  Gubernur Mahyeldi Berharap Saudagar Minang Raya Perkuat Ekosistem Koperasi UMKM Sumbar

Gelombang satu sebut Hajah Alvia, dibuka mulai tanggal 2 Januari/24 April 2023, gelombang kedua, dari tanggal 26 April/30 Juni dan gelombang ketiga dari tanggal 3 Juli/1 September, sedangkan Tes dilakukan tanggal 4 September 2023.

Bagi generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan, bisa mendaftar melalui Link Pendaftaran Online : pmb.aropadang.ac.id.

“Calon mahasiswa, juga bisa mengunjungi Kampus ARO Padang di Jln Berok Raya No. 29 Jembatan Baru Siteba Padang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua YLPTK Padang Dr. H. Ambril Amir. M.Pd mengatakan, guna memberikan perkuliahan yang lebih nyaman dan refresentatip bagi mahasiswa, Dosen dan karyawan, Yayasan membangun kampus II di kawasan Anak Aia Jln. Baypas Koto Tangah Padang.

Pembangunan Kapus II ARO Padang itu, sebut H. Ambril Amir sedang proses pekerjaan pemasangan pondasi.

“Insyaallah, gedung yang direncanakan berlantai dua itu, akan dilengkapi dengan ruang kantor, ruang dosen, ruang kuliah, Labor, dan fasilitas pendukung lainya, ” katanya.(RDz)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *